Minggu, 26 Desember 2010

LANDASAN TEORITIS Pengertian Metode

LANDASAN TEORITIS

A.                Pengertian Metode

Dalam pendidikan kata metode digunakan untuk menunjukan serangkaian kegiatan guru yang terarah yang menyebabkan siswa belajar. Metode juga dapat pula dianggap sebagai cara atau prosedur yang keberhasilannya adalah didalam belajar atau sebagai alat yang menjadikan mengajar menjadi efektif. Jika metode dianggap sebagai suatu proses maka akan terdiri dari beberapa langkah. Berbagai langkah atau bagian dari suatu metode juga digunakan dan terdapat dalam metode lainnya. Kombinasi antara bagian-bagian dalam metode merupakan tanggung jawab guru yang dapat menggabungkan atau memisahkan bagian-bagian tersebut dalam memfungsikan secara keseluruhan. Metode merupakan salah satu aspek pokok dalam pendidikan dan merupakan masalah sentral dalam mengajar.
Mengajar yang berhasil menuntut penggunaan metode yang tepat. Seorang guru harus mempunyai metode dan seorang guru yang baik akan memahami dengan baik metode yang digunakannya. Ia harus mengetahui bukan hanya bahan/materi pelajaran akan tetapi juga masalah-masalah siswa melalui metode harus mampu memberi kemudahan belajar kepada siswa dalam proses belajar.
Kata metode dalam pengajaran tidak memiliki batas-batas pengertian yang jelas. Jumlah metode akan bervariasi antara pelajaran yang satu dengan yang lainnya. Metode memahami dan penggunaannya pun bervariasi serta berbeda-beda. Dari semua metode yang ada tidak ada metode mengajar yang benar-benar baik sebab sebab semuanya telah lama ditemukan dan digunakan setiap guru mempunyai metodenya sendiri dan mereka menyusunnya dari hari ke hari dengan berbagai proporsi dari metode-metode dasar. Metode yang dirumuskan secara baik menjadi sesuatu yang umum dan guru berupaya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan mengajarnya sendiri. Metode populer tersebut hanyalah merupakan susunan baru dari metode-metode dasar.
Pengertian metode amatlah rumit karena terdiri dari berbagai elemen yang berbeda dan kadang-kadang amat rapuh bila dihubungkan dengan analisis logis. Metode merupakan jalinan dengan tujuan dengan kematangan siswa, bahan bantu dengan kemampuan guru dengan keadaan sosial. Dengan pemilian, organisasi dan penilaian bahan. Pada kenyataannya amat ditentukan oleh setiap faktor dalam proses mendidik. Oleh sebab itu pada umumnya perbincangan tentang metode lebih bersifat deskriptif dari pada analitik.
Pada ahli pendidikan mencoba menetapkan sifat-sifat metode mengajar yang baik dimana metode yang baik akan memiliki beberapa sifat yang dimaksud yang pertama adalah harus teliti/cermat dan sungguh-sungguh harus didasarkan pada ketelitian yang bersifat ilmiah. Selain itu juga metode yang baik harus artistik dimana guru dituntut untuk memiliki rasa kesesuaian dan tidak sesuai juga harus menyadari tentang proposal dan perspektif. Fakta kosong tidak sama dengan kebenaran. Melalui metode yang dipilih guru dituntut  untuk menafsirkan dan mengsintesakannya.
Metode yang baik adalah bersifat pribadi, harus merupakan sesuatu yang sudah disusun dan dikembangkan, harus merupakan sesuatu yang didasarkan pada kekinian, yang hanya mungkin melalui pengalaman. Metode yang baik juga harus menghubungkan dirinya dengan pengalaman siswa. Metode yang berhasil tidak nampak sulit digambarkan, meliputi guru dan siswa sebab metode adalah suatu proses bukan tindakan.
B.                 Pengertian pemberian tugas
Metode pemberian tugas adalah bagian dari variasi. Dalam metode ceramah dapat diartikan bahwa pemberian tugas adalah suatu metode yang dilakukan seorang guru kepada siswanya dan siswa tersebut melaksanakan tugas secara langsung dihadapan guru dengan bimbingan dan pengawasan serta pemberitahuan cara-cara melaksanakan tugas yang diberikan.
Tujuan metode pemberian tugas adalah agar pembelajaran dapat terlaksana dengan lancar dan sesuai dengan harapan serta siswa dapat melaksanakan secara langsung tugas yang diberikan guru dan mendapat pelajaran serta pengalaman baru untuk menambah wawasan siswa.
Kelebihan dari metode pemberian tugas adalah
1)      Lebih ekonomis dalam hal waktu kelas sebab metode ini guru memberikan gagasan langsung kepada siswa
2)      Metode ini memberi kemungkinan langsung kepada guru untuk menggunakan pengetahuannya sebab siswa langsung diberikan penerangan tentang tugas yang harus dilaksanakannya
3)      Dapat menambah kreativitas anak dalam mengekspresikan imajinasinya kedalam gambar
4)      Guru dapat membawa siswa untuk lebih kritis dan banyak bertanya sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik dan benar
5)      Guru dapat memberikan pengalaman kepada siswa untuk mengenal warna lebih banyak
6)      Dapat menguatkan kepercayaan diri bahwa siswa dapat melaksanakan tugasnya sendiri walaupun masih perlu bimbingan dan pengawasan
Kekurangan metode pemberian tugas ini bagi siswa kurang terpupuk keberaniannya maka dalam memilih warna dan mengekspresikan imajinasinya sangat sulitmaka dalam melaksanakan tugas pun membutuhkan waktu yang lama serta harus diberikan petunjuk-petunjuk dan contoh-contoh terus menerus hingga tugas tersebut selesai.
C.                 Pengertian fisik motorik
Dalam buku anak pra sekolah (2000) tertulis bahwa masa lima tahun pertama adalah masa pesatnya perkembangan motorik anak. Motorik adalah semua gerakan yang mungkin didapatkan oleh seluruh tubuh. Sedangkan perkembangan motorik dapat disebut sebagai perkembangan dari unsur kematangan dan pengendalian gerak tubuh. Perkembangan motorik ini erat kaitannya dengan pusat motorik di otak. Keterampilan motorik berkembang sejalan dengan kematangan syaraf dan otot. Oleh sebab itu, setiap gerakan yang dilakukan anak sesederhana apapun sebenarnya merupakan hasil pola interaksi yang komplek dari berbagai bagian dan sistem dalam tubuh yang dikontrol otak. Jadi otaklah yang berfungsi sebagai bagian dari susunan syaraf yang mengatur dan mengontrol semua aktivitas fisik dan mental seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri komentar dengan santun dalam penyampaian sopan dalam bahasa motto kami dari anda, terimakasih atas komentar dan kunjungannya

PENDIDIKAN BERBASIS ICT

Post Populer

Label

BBM LANJUTAN (5) BAHAN BELAJAR MANDIRI (4) case study (4) BBM TIK | ICT (3) PERMENDIKNAS (3) BANNER (2) ICT (2) JARDIKNAS ONLINE (2) KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (2) PENGEMBANGAN DIRI (2) info beasiswa mahasiswa (2) instant global trafik (2) "Tetapkan Tujuan Hidup" (1) 10 Bisnis Penghasil Milyarder Tercepat (1) 2 (1) 7 Tips Memikat Lelaki (1) 7 Tips Memikat Wanita (1) 7 kesalahan fatal affiliate pemula (1) APRESIASI PUISI (1) ASI makanan terbaik bagi bayi (1) BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN NASIONAL (1) BANK SOAL UASBN SD (1) BBM-program belajar BERMUTU (1) BBM|KOMPUTER+LAPTOP (1) BUKU - PENDIDIKAN SDN KASTURI II (1) BUKU AJAR PEMAHAMAN INDIVIDU (1) Bahan Belajar Mandiri (BBM) (1) Bahan Belajar Mandiri (BBM) Lesson study (1) CONTOH PENGEMBANGAN DIRI (1) CONTOH PERHITUNGAN PAJAK (1) DOWNLOAD - PENDIDIKAN SDN KASTURI II (1) DOWNLOAD 31_jurus_menyempurnakan_PC.zip (1) Deskripsi Nilai (1) Download Software Gratis (1) FREE DOWNLOAD PTK BHS INDONESIA (1) Gambar Binatang Lucu (1) HAKIKAT STRATEGI PEMBELAJARAN (1) HUMAN ANATOMI (1) HopAd Builder clickbank (1) ICT LANJUTAN 2 (1) ICT LANJUTAN 3 (1) IDE PRODUK Yang Bisa DIJUAL TANPA Modal BESAR (1) IDENTIFIKASI MASYALAH (PTK) (1) ILMU PENDIDIKAN TEORITIS DAN PRAKTIS (1) Ilmu Komputer + Gaya Pendidikan (1) KEGIATAN EKSTRAKURIKULER (1) KODE ETIK GURU INDONESIA (1) Keterampilan Memfasilitasi (1) Konsep Jurnal belajar (1) LANDASAN TEORITIS Pengertian Metode (1) LATIHAN UAS/UASBN SD (1) LEARN MORE LEARN LESS (1) LPMP dan SPMP (1) MAKALAH (1) MERAJUT ASA MERAIH MIMPI (1) Mendulang uang lewat internet (1) OLAH RAGA 7 INDONESIA: GOLF (1) PANDUAN PENYUSUNAN SILABUS (1) PEDOMAN PEMBERIAN BANTUAN (1) PELAYANAN KONSELING (1) PENDIDIKAN INDONESIA (1) PENDIDIKAN LANJUTAN (1) PENDIDIKAN LANJUTAN 2 (1) PENGEMBANGAN PORTAL GURU PINTAR (1) PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU (1) PIGP (1) PRO KONTRA ANNE AHIRA (1) PROPOSAL PTK | FREE DOWNLOAD (1) PTK (1) PTK IPA (1) PTK MATEMATIKA (1) Pemahaman Pembelajaran Ber-Karakter (1) Program Induksi Guru Pemula (1) RPP SILABUS (1) RPP dan Silabus SD (1) SMU - PENDIDIKAN SDN KASTURI II (1) STANDAR KOMPETENSI GURU TIK SMK (1) STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (1) STRATEGI PEMBELAJARAN (1) Sikat Virus Recycle (1) Syllabus (1) TIK | ICT (1) Teknologi Informasi dan Komunikasi bag 2 (1) Waspadai Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja (1) anne ahira (1) bank soal (1) banner berjalan (1) banner best grades (1) bannerque (1) best grades (1) biz.bisnis (1) buku elektronik (1) buku elektronik smp (1) buku elektronik smu (1) contoh study kasus PTK (1) cotoh study kasus (1) detective dominator (1) ecoBALL (1) game matematika (1) gaming computer (1) golf (1) identifikasi asyalah (1) kajian kritis_bahasa indonesia (1) kegiatan TOT (1) kisi kisi ulangan harian (1) kompetensi Guru Pasca sertifikasi (1) ktsp silabus RPP all School (1) lesson study (1) meraih impian via motivasi (1) modul_kebahasaan (1) modul_kesusastraan (1) modul_media_ pembelajaran (1) modul_metologi pembelajaran (1) modul_pembelajaran berbicara (1) modul_pembelajaran membaca (1) modul_pembelajaran menulis (1) modul_pembelajarn mendengarkan (1) modul_penilaian (1) motivasi diri (1) panduan silabus+RPP (1) pendidikan sd (1) pippa middleton (1) portopolio induksi (1) potret pendidikan (1) program LPMP JAWA BARAT (1) silabus dan RPP (1) silabus/RPP SD/MI (1) soal olimpiade (1) succespul+home+garden (1)

Tukar daftar link