Rabu, 01 Juni 2011

PEDOMAN PEMBERIAN BANTUAN BIAYA PENINGKATAN KUALIFIKASI AKADEMIK GURU KE S-1/D-IV

PEDOMAN
PEMBERIAN BANTUAN BIAYA
PENINGKATAN KUALIFIKASI AKADEMIK GURU
KE S-1/D-IV

DIREKTORAT PROFESI PENDIDIK
DIREKTORAT JENDERAL
PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
2010


KATA PENGANTAR


Salah satu tugas pokok dan fungsi Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Ditjen PMPTK) Kementerian Pendidikan  Nasional sebagai bagian integral Kementerian Pendidikan  Nasional adalah meningkatkan kualitas pendidikan  melalui peningkatan kualifikasi akademik guru sesuai dengan tuntutan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Peningkatan kualifikasi akademik guru ke jenjang S-1/D-IV yang sesuai dengan bidang tugas guru diharapkan akan membawa dampak pada peningkatan kualitas  pendidikan secara keseluruhan.
Pedoman ini disusun sebagai acuan dalam pelaksanaan pemberian bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik guru ke jenjang S-1/D-IV tahun 2010,  berisi persyaratan guru penerima bantuan biaya, proses rekruitmen dan penyaluran dana, pelaporan, jadwal pelaksanaan, dan pengendalian program.
Ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang telah terlibat dalam penyusunan buku pedoman ini.

Jakarta,       Januari 2010
Direktur Jenderal PMPTK,



Prof. Dr. Baedhowi



DAFTAR  ISI

BAB II BANTUAN BIAYA PENINGKATAN KUALIFIKASI AKADEMIK GURU         
BAB iii  PENGENDALIAN PROGRAM



BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 7 mengamanatkan bahwa guru sebagai tenaga yang profesional, wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikat yang sesuai dengan kewenangan mengajar. Pasal 9 menyatakan bahwa kualifikasi akademik sebagaimana dimaksud diperoleh melalui pendidikan tinggi jenjang S-1/D-IV. Hal tersebut lebih ditegaskan pada Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 29 yang menyatakan bahwa pendidik pada pendidikan anak usia dini (PAUD), SD/MI, SMP/Mts, SMA/MA, SDLB/SMPLB/SMALB dan SMK/MAK masing-masing memiliki:
a.     Kualifikasi akademik minimal S-1/D-IV;
b.     Latar belakang pendidikan tinggi yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampu;
c.     Sertifikat profesi pendidik sesuai dengan peruntukannya.
Berdasarkan data Ditjen PMPTK Kementerian Diknas pada tahun 2009, secara nasional dari 2.607.311 guru yang berkualifikasi akademik minimal S-1/D-IV adalah 1.110.590 (43%), dan selebihnya 1.496.721 (57%) adalah guru yang belum memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV.  Guru yang belum memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV tersebut perlu ditingkatkan kualifikasi akademiknya supaya sesuai dengan yang diamanatkan undang-undang.  
Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada tahun 2010 memprogramkan bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik ke S-1/D-IV bagi guru pada semua jenjang pendidikan. Untuk itu diperlukan Pedoman Pelaksanaan Pemberian Bantuan Biaya Peningkatan Kualifikasi akademik Guru Ke S-1/D-IV.

B.    Landasan Hukum

1.     Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,
2.     Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,
3.     Peraturan pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,
4.     Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2009 tentang Guru,
5.     Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan.

C.    Tujuan

Pedoman ini disusun sebagai acuan bagi semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan pemberian bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik guru ke S-1/D-IV.

D.    Kerangka Program

Program bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik guru ke S-1/D-IV ditujukan pada guru yang sedang meningkatkan kualifikasi akademik ke S-1/D-IV. Sumber dana bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik guru adalah Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Ditjen PMPTK Kementerian Diknas yang dialokasikan pada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) masing-masing provinsi tahun anggaran 2010. Penyaluran bantuan biaya dilaksanakan oleh LPMP dengan cara dikirim langsung ke rekening bank/pos masing-masing guru penerima.

E.    Sasaran

Buku Pedoman ini disusun sebagai acuan bagi pihak yang berkepentingan terutama: 
1.      Ditjen PMPTK Kementerian Diknas, 
2.      Dinas Pendidikan Provinsi,
3.      Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota,
4.      LPMP, dan
5.      Guru.




BAB II

BANTUAN BIAYA PENINGKATAN KUALIFIKASI AKADEMIK GURU

A.    Pengertian Bantuan biaya

Bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik guru ke S-1/D-IV adalah pemberian sejumlah dana dari Pemerintah kepada guru PNS dan bukan PNS yang berada di bawah binaan Kementerian Diknas pada semua jenjang pendidikan baik negeri maupun swasta untuk memperoleh kualifikasi akademik Strata satu (S-1) atau Diploma empat (D-IV). Pemberian dana tersebut tidak dimaksudkan untuk membiayai seluruh keperluan studi.
Pemberian bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik bagi guru ini bertujuan:
1.     Mendorong guru untuk mengikuti pendidikan lanjutan sampai memperoleh ijasah S-1/D-IV;
2.     Meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan kinerja guru dalam proses pembelajaran;
3.     Mempercepat proses peningkatan kualitas pendidikan melalui peningkatan mutu guru. 
Sasaran program bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik tahun 2010 ini adalah 308.768 guru  yang sedang menempuh pendidikan di jenjang S-1/D-IV baik melalui program reguler maupun program Pengakuan Pengalaman Kerja dan Hasil Belajar (PPKHB). Kuota tersebut termasuk untuk guru yang bertugas di kecamatan kawasan perbatasan dan pulau kecil terluar sebanyak 61.200 guru.


B.    Prinsip Pemberian Bantuan biaya

1.     Terbuka
Bantuan biaya ini diberikan secara terbuka kepada semua guru yang sedang menempuh pendidikan ke jenjang S-1/D-IV dan memenuhi persyaratan yang ditentukan. Pengumuman dan pendaftaran untuk mendapatkan bantuan biaya serta penetapan guru penerima bantuan biaya dilakukan oleh LPMP provinsi masing-masing berkoordinasi dengan dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota.
2.     Langsung
Bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik guru diberikan secara langsung kepada guru melalui transfer ke rekening bank/pos milik guru yang bersangkutan. 
3.     Mengutamakan mutu
Guru yang akan menerima bantuan biaya ini adalah guru yang sedang melanjutkan pendidikan ke jenjang S-1/D-IV di perguruan tinggi yang memiliki izin operasional dari Ditjen Pendidikan Tinggi.
4.     Tidak meninggalkan tugas mengajar
Guru yang menerima bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik tidak meninggalkan tugas mengajar. 

C.    Sumber dan Alokasi Dana

Bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik guru ke jenjang S-1/D-IV bersumber dari dana APBN Tahun Anggaran 2010 yang dialokasikan pada DIPA LPMP masing-masing provinsi sebesar Rp. 2.000.000,- (dua juta rupiah) per orang per tahun.

D.    Kriteria Penerima Bantuan biaya

Bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik ini diberikan kepada guru yang memenuhi kriteria sebagai berikut.
1.     Guru yang terdaftar dan aktif mengikuti kuliah di perguruan tinggi yang memperoleh izin operasional dari Ditjen Pendidikan Tinggi dengan ketentuan sebagai berikut:
a.      Guru PNS/bukan PNS (Guru Tetap Yayasan, honorer pada sekolah negeri) yang mengajar pada satuan pendidikan binaan Kementerian Diknas baik di sekolah negeri maupun sekolah swasta yang mendapat ijin operasional dari pemerintah daerah.
b.      Menempuh pendidikan pada bidang studi yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampu atau meneruskan pendidikan sesuai dengan ijazah D-I, D-II, D-III dimilikinya.
c.       Belum memiliki ijazah S-1/D-IV.
d.      Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter.
e.      Tidak sedang memperoleh beasiswa pendidikan untuk peningkatan kualifikasi akademik dari instansi/unit lain.
f.       Tidak sedang menjalani hukuman baik disiplin maupun hukuman  pidana/perdata.
g.      Mempunyai Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).
2.     Guru penerima bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik ke S-1/D-IV pada tahun 2007, 2008, dan 2009 yang masih menempuh studinya dan memiliki indeks prestasi (IP) minimal 2,0.
3.     Semua guru yang bertugas di kawasan perbatasan dan pulau kecil terluar  yang belum S-1/D-IV (diatur dalam pedoman tersendiri).

E.    Tahapan Pemberian Bantuan Biaya

1.     Penetapan dan Pendistribusian Kuota 
a.     Kuota Provinsi ditentukan secara proporsional berdasarkan jumlah guru yang belum memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV di provinsi masing-masing terhadap jumlah guru yang belum memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV secara nasional, dikalikan dengan kuota nasional (sesuai dengan DIPA masing-masing LPMP).
b.     Kecamatan yang berada di kawasan perbatasan dan pulau kecil terluar menjadi prioritas untuk mendapatkan kuota sesuai kebutuhan daerah tersebut. Oleh karena itu kuota provinsi didistribusikan setelah dikurangi guru yang bertugas di kawasan perbatasan dan pulau kecil terluar.
c.     Kuota kabupaten/kota dihitung secara proporsional berdasarkan jumlah guru yang belum memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV di kabupaten/kota terhadap jumlah guru yang belum memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV di provinsi dikalikan dengan kuota provinsi.
2.     Koordinasi dan Sosialisasi Pelaksanaan Bantuan Biaya Peningkatan Kualifikasi akademik
LPMP melaksanakan koordinasi dan sosialisasi pelaksanaan pemberian bantuan biaya dengan dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota dengan melibatkan narasumber dari Ditjen PMPTK Kementerian Diknas.  Agenda koordinasi dan sosialisasi adalah penyampaian kebijakan Ditjen PMPTK Kementerian Diknas tentang pemberian bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik guru, informasi kuota per kabupaten/kota, informasi kriteria calon penerima bantuan biaya, mekanisme pemberian bantuan biaya, dan penyusunan jadwal pelaksanaan pemberian bantuan biaya, pemantauan dan pelaporan.  
3.     Penetapan dan Pengusulan Calon Penerima Bantuan biaya
Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota menyampaikan informasi dan kebijakan peningkatan kualifikasi akademik dan pemberian bantuan biaya kepada guru di wilayahnya masing-masing. Pengusulan guru calon penerima bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik dilakukan dengan langkah-langkah berikut:
1)      Kepala sekolah mengajukan daftar nama guru yang diusulkan sebagai calon penerima dana bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik guru kepada dinas pendidikan kabupaten/kota masing-masing. Pengajuan calon penerima bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik S-1/D-IV harus disertai dengan persyaratan administratif, yaitu :
-        Foto kopi ijasah terakhir,
-        Foto kopi SK Pengangkatan sebagai guru baik guru PNS maupun guru bukan PNS,
-        Foto kopi kartu mahasiswa dan/atau surat keterangan aktif sebagai mahasiswa dari perguruan tinggi tempat menempuh pendidikan,
-        Surat keterangan sehat dari dokter,
-        Foto kopi rekening bank/Pos milik guru yang bersangkutan,
-        Foto kopi daftar nilai yang menunjukkan IPK minimal 2,0 bagi calon penerima bantuan biaya pendidikan yang sedang mengikuti pendidikan pada semester 2 (dua) ke atas.
2)      Kepala sekolah mengajukan usulan calon penerima bantuan biaya kepada dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota menggunakan Format 1 A untuk guru PNS dan Format 1 B  untuk guru bukan PNS.
3)      Berdasarkan daftar usulan yang diajukan oleh kepala sekolah, dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota melakukan seleksi administratif dengan berpedoman pada kriteria dan kuota penerima bantuan biaya sebagaimana yang tercantum pada Buku Pedoman ini. 
4)      Dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota melakukan seleksi dengan menggunakan urutan prioritas sebagai berikut:
a)      Semester tertinggi
b)      Bidang studi yang relevan dengan mata pelajaran yang diampu
c)      Prestasi akademik
d)      Masa kerja
e)      Usia
5)      Dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota mengusulkan calon penerima bantuan biaya ke LPMP dalam bentuk cetakan dan file dalam CD dengan menggunakan Format 2 A untuk guru PNS dan Format 2 B untuk guru bukan PNS.
4.     Penerbitan Surat Keputusan Penerima Bantuan biaya
Kepala LPMP yang bersangkutan menerbitkan Surat Keputusan Penerima Bantuan Biaya Peningkatan Kualifikasi Akademik, tembusan disampaikan kepada Dirjen PMPTK Kementerian Diknas dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota. 
5.     Penyaluran Bantuan biaya
LPMP menyalurkan secara langsung bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik kepada guru melalui nomor rekening bank/pos milik guru yang bersangkutan.
Tahapan kegiatan pemberian bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik ditunjukkan dalam gambar 1.

 



F.    Hak dan Kewajiban Penerima Bantuan biaya

1.     Hak Penerima Bantuan Biaya
Guru penerima bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik guru mempunyai hak:
a.     Menerima informasi program
b.     Menerima bantuan biaya sebesar Rp. 2.000.000,- (dua juta rupiah) per tahun selama yang bersangkutan menempuh pendidikan atau paling lama seperti ditentukan dalam tabel 1 berikut.
Tabel 1. Jangka Waktu Pemberian Bantuan biaya.
Ijasah Terakhir
Semester yg diikuti saat menerima bantuan biaya
Maksimum lama menerima bantuan biaya (tahun)
SMA/SPG/SMK/SGO atau sederajat
1 - 2
5
3 - 4
4
5 - 6
3
7 - 8
2
9 - 10
1
D-I
1 - 2
4
3 - 4
3
5 - 6
2
7 - 8
1
D-II/PGSLP atau sederajat
1 - 2
3
3 - 4
2
5 - 6
1
D-III/PGSLA atau sederajat
1 - 2
2
3 - 4
1
2.     Kewajiban Penerima Bantuan biaya
a.     Memiliki komitmen, disiplin, dan  dedikasi tinggi dalam mengikuti pendidikan dibuktikan dengan indeks prestasi yang meningkat.
b.     Tidak meninggalkan tugas mengajar di sekolah.
c.     Menyelesaikan pendidikan tepat waktu.

G.    Penghentian Pemberian Bantuan biaya

Pemberian bantuan biaya kepada guru penerima dihentikan apabila guru memenuhi salah satu atau beberapa hal berikut:     
1.     Telah menyelesaikan studinya
2.     Melampaui jangka waktu yang telah ditentukan dalam Tabel 1
3.     Meninggal dunia
4.     Berhenti dari jabatan guru
5.     Tidak memenuhi persyaratan kehadiran dalam perkuliahan
6.     Indeks prestasi (IP) tidak memenuhi standar minimal yang ditetapkan
7.     Menerima hukuman disiplin dari dinas pendidikan provinsi/ kabupaten/kota
8.     Dinyatakan bersalah karena tindak pidana oleh pengadilan dan telah memiliki kekuatan hukum tetap
9.     Berhenti dari program atas kemauan sendiri



H.    Waktu Pelaksanaan

Jadwal pelaksanaan diatur sebagai berikut:




BAB III

PENGENDALIAN PROGRAM

Pengendalian program pemberian bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik guru ini dimaksudkan untuk menjamin terlaksananya pemberian bantuan biaya kepada guru yang berhak menerima sesuai dengan jadwal dan tepat sasaran. Tolok ukur keberhasilan program pemberian bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik guru meliputi: cakupan pengendalian,  pemantauan program, pembatalan pemberian bantuan biaya dan pelaporan.

A.    Cakupan Pengendalian

Cakupan atau ruang lingkup pengendalian program merupakan kegiatan-kegiatan strategis yang meliputi rekrutmen dan penetapan calon penerima bantuan biaya, penetapan penerima, prosedur pemberian bantuan, pelaporan, dan pelaksanaan pemantauan dan evaluasi program

B.    Pemantauan dan Evaluasi Program

Pemantauan dan evaluasi program pemberian bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik guru perlu dilakukan sebagai bagian dari pengendalian program. Laporan hasil pemantauan dan evaluasi program merupakan bahan masukan kepada pimpinan sebagai bahan kebijakan selanjutnya.

C.    Pelaporan

Pelaporan merupakan bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan pemberian bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik guru oleh LPMP.  Laporan disampaikan kepada Direktur Profesi Pendidik Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Ditjen PMPTK) dengan tembusan kepada Sekretaris Ditjen PMPTK Kementerian Diknas. Laporan disampaikan setiap semester pada bulan Juni dan Desember tahun berjalan.
Sistematika laporan sesuai dengan kebijakan Setditjen PMPTK Kementerian Diknas yang meliputi: Latar Belakang, Tujuan, Sasaran, Hasil yang Diharapkan, Mekanisme dan Prosedur, Hasil Pelaksanaan Program (akademik dan bantuan biaya), Permasalahan dan Upaya yang Dilakukan, Kesimpulan dan Saran. Laporan yang dikirimkan dilampiri dengan daftar guru penerima bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik dan daftar guru yang sudah menyelesaikan masa studi (S-1/D-IV).




BAB IV

PENUTUP


Pedoman ini merupakan acuan umum yang mengikat dalam pelaksanaan pemberian bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik bagi guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan PLB negeri atau swasta yang sedang dan akan mengikuti pendidikan S-1/D-IV baik PNS maupun bukan PNS binaan Kementerian Diknas.
Ketentuan-ketentuan yang belum tercantum dalam pedoman ini dapat ditambahkan sesuai dengan kewenangan dan kondisi masing-masing daerah yang tidak bertentangan dengan pedoman ini dan ketentuan lain yang berlaku. 





KUOTA BANTUAN BIAYA PENINGKATAN KUALIFIKASI AKADEMIK TAHUN 2010
NO.
KODE SATKER
NAMA SATKER
 BANTUAN PENINGKATAN KUALIFIKASI GURU S1/D4 
 PENINGKATAN KUALIFIKASI MELALUI APBNP






 SASARAN
DANA
 SASARAN
DANA

1
414808
LPMP DKI JAKARTA
4,631
9,351,790,000
1,423
2,846,000,000

2
414814
LPMP JAWA BARAT
19,379
38,758,000,000
5,954
11,908,000,000

3
414820
LPMP JAWA TENGAH
30,026
60,181,600,000
9,226
18,452,000,000

4
414741
LPMP D.I. YOGYAKARTA
4,843
9,686,000,000
1,488
2,976,000,000

5
414839
LPMP JAWA TIMUR
29,613
59,226,000,000
9,099
18,198,000,000

6
536204
LPMP NANGGROE ACEH
3,578
7,156,000,000
1,099
2,198,000,000

7
414845
LPMP SUMATERA UTARA
10,087
20,174,000,000
3,099
6,198,000,000

8
414851
LPMP SUMATERA BARAT
3,239
6,478,000,000
995
1,990,000,000

9
414757
LPMP RIAU
3,552
7,104,000,000
1,091
2,182,000,000

10
414763
LPMP JAMBI
3,061
6,122,000,000
941
1,882,000,000

11
414860
LPMP SUMATERA SELATAN
4,805
9,610,000,000
1,476
2,952,000,000

12
414772
LPMP LAMPUNG
7,505
15,117,590,000
2,306
4,612,000,000

13
536562
LPMP KALIMANTAN BARAT
8,247
16,494,000,000
2,534
5,068,000,000

14
536712
LPMP KALIMANTAN TENGAH
4,391
8,782,000,000
1,349
2,698,000,000

15
539670
LPMP KALIMANTAN SELATAN
5,014
10,028,000,000
1,541
3,082,000,000

16
536911
LPMP KALIMANTAN TIMUR
1,983
3,966,000,000
609
1,218,000,000

17
414891
LPMP SULAWESI UTARA
4,171
8,342,000,000
1,282
2,564,000,000

18
414788
LPMP SULAWESI TENGAH
2,861
5,722,000,000
879
1,758,000,000

19
414794
LPMP SULAWESI SELATAN
7,014
14,028,000,000
2,155
4,310,000,000

20
536928
LPMP SULAWESI TENGGARA
2,640
5,280,000,000
811
1,622,000,000

21
414876
LPMP MALUKU
2,198
4,396,000,000
675
1,350,000,000

22
414882
LPMP BALI
4,277
8,554,000,000
1,314
2,628,000,000

23
188000
LPMP NUSA TENGGARA BARAT
3,480
6,960,000,000
1,069
2,138,000,000

24
537035
LPMP NUSA TENGGARA TIMUR
4,514
9,094,000,000
1,387
2,774,000,000

25
537042
LPMP PAPUA
1,785
3,570,000,000
548
1,096,000,000

26
538175
LPMP BENGKULU
3,159
6,348,000,000
971
1,942,000,000

27
653622
LPMP MALUKU UTARA
1,073
2,146,000,000
331
662,000,000

28
653601
LPMP BANTEN
4,578
9,156,000,000
1,407
2,814,000,000

29
653593
LPMP KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
1,391
2,782,000,000
427
854,000,000

30
653615
LPMP GORONTALO
2,285
4,570,000,000
702
1,404,000,000



TOTAL
189,380
379,182,980,000
58,188
116,376,000,000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri komentar dengan santun dalam penyampaian sopan dalam bahasa motto kami dari anda, terimakasih atas komentar dan kunjungannya

PENDIDIKAN BERBASIS ICT

Post Populer

Label

BBM LANJUTAN (5) BAHAN BELAJAR MANDIRI (4) case study (4) BBM TIK | ICT (3) PERMENDIKNAS (3) BANNER (2) ICT (2) JARDIKNAS ONLINE (2) KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (2) PENGEMBANGAN DIRI (2) info beasiswa mahasiswa (2) instant global trafik (2) "Tetapkan Tujuan Hidup" (1) 10 Bisnis Penghasil Milyarder Tercepat (1) 2 (1) 7 Tips Memikat Lelaki (1) 7 Tips Memikat Wanita (1) 7 kesalahan fatal affiliate pemula (1) APRESIASI PUISI (1) ASI makanan terbaik bagi bayi (1) BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN NASIONAL (1) BANK SOAL UASBN SD (1) BBM-program belajar BERMUTU (1) BBM|KOMPUTER+LAPTOP (1) BUKU - PENDIDIKAN SDN KASTURI II (1) BUKU AJAR PEMAHAMAN INDIVIDU (1) Bahan Belajar Mandiri (BBM) (1) Bahan Belajar Mandiri (BBM) Lesson study (1) CONTOH PENGEMBANGAN DIRI (1) CONTOH PERHITUNGAN PAJAK (1) DOWNLOAD - PENDIDIKAN SDN KASTURI II (1) DOWNLOAD 31_jurus_menyempurnakan_PC.zip (1) Deskripsi Nilai (1) Download Software Gratis (1) FREE DOWNLOAD PTK BHS INDONESIA (1) Gambar Binatang Lucu (1) HAKIKAT STRATEGI PEMBELAJARAN (1) HUMAN ANATOMI (1) HopAd Builder clickbank (1) ICT LANJUTAN 2 (1) ICT LANJUTAN 3 (1) IDE PRODUK Yang Bisa DIJUAL TANPA Modal BESAR (1) IDENTIFIKASI MASYALAH (PTK) (1) ILMU PENDIDIKAN TEORITIS DAN PRAKTIS (1) Ilmu Komputer + Gaya Pendidikan (1) KEGIATAN EKSTRAKURIKULER (1) KODE ETIK GURU INDONESIA (1) Keterampilan Memfasilitasi (1) Konsep Jurnal belajar (1) LANDASAN TEORITIS Pengertian Metode (1) LATIHAN UAS/UASBN SD (1) LEARN MORE LEARN LESS (1) LPMP dan SPMP (1) MAKALAH (1) MERAJUT ASA MERAIH MIMPI (1) Mendulang uang lewat internet (1) OLAH RAGA 7 INDONESIA: GOLF (1) PANDUAN PENYUSUNAN SILABUS (1) PEDOMAN PEMBERIAN BANTUAN (1) PELAYANAN KONSELING (1) PENDIDIKAN INDONESIA (1) PENDIDIKAN LANJUTAN (1) PENDIDIKAN LANJUTAN 2 (1) PENGEMBANGAN PORTAL GURU PINTAR (1) PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU (1) PIGP (1) PRO KONTRA ANNE AHIRA (1) PROPOSAL PTK | FREE DOWNLOAD (1) PTK (1) PTK IPA (1) PTK MATEMATIKA (1) Pemahaman Pembelajaran Ber-Karakter (1) Program Induksi Guru Pemula (1) RPP SILABUS (1) RPP dan Silabus SD (1) SMU - PENDIDIKAN SDN KASTURI II (1) STANDAR KOMPETENSI GURU TIK SMK (1) STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (1) STRATEGI PEMBELAJARAN (1) Sikat Virus Recycle (1) Syllabus (1) TIK | ICT (1) Teknologi Informasi dan Komunikasi bag 2 (1) Waspadai Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja (1) anne ahira (1) bank soal (1) banner berjalan (1) banner best grades (1) bannerque (1) best grades (1) biz.bisnis (1) buku elektronik (1) buku elektronik smp (1) buku elektronik smu (1) contoh study kasus PTK (1) cotoh study kasus (1) detective dominator (1) ecoBALL (1) game matematika (1) gaming computer (1) golf (1) identifikasi asyalah (1) kajian kritis_bahasa indonesia (1) kegiatan TOT (1) kisi kisi ulangan harian (1) kompetensi Guru Pasca sertifikasi (1) ktsp silabus RPP all School (1) lesson study (1) meraih impian via motivasi (1) modul_kebahasaan (1) modul_kesusastraan (1) modul_media_ pembelajaran (1) modul_metologi pembelajaran (1) modul_pembelajaran berbicara (1) modul_pembelajaran membaca (1) modul_pembelajaran menulis (1) modul_pembelajarn mendengarkan (1) modul_penilaian (1) motivasi diri (1) panduan silabus+RPP (1) pendidikan sd (1) pippa middleton (1) portopolio induksi (1) potret pendidikan (1) program LPMP JAWA BARAT (1) silabus dan RPP (1) silabus/RPP SD/MI (1) soal olimpiade (1) succespul+home+garden (1)

Tukar daftar link