Sabtu, 20 November 2010

membuat naskah yang di dalamnya terdapat tabel dan daftar.

BAHAN BELAJAR MANDIRI
Rounded Rectangle: Nama Panduan   Bahan Belajar Mandiri (BBM) Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran
Jumlah Jam        
Pertemuan     ke 7
Topik  Kegiatan B2: Membuat Naskah dengan Daftar dan Tabel


























Dalam naskah-naskah untuk kegiatan pembelajaran, baik naskah Rencana Persiapan Pembelajaran maupun Materi Pembelajaran, seringkali diperlukan daftar maupun tabel untuk meningkatkan keterbacaan naskah. Tabel diperlukan untuk menuliskan butir-butir informasi yang dipisahkan dalam kelompok-kelompok tertentu. Butir-butir itu sendiri dapat ditulis dengan menggunakan fasilitas daftar bernomor (numbered list) maupun daftar bertanda (bulleted list).
Pada kegiatan B2 ini Anda akan belajar menggunakan Microsoft Word untuk membuat naskah yang di dalamnya memuat daftar dan tabel, baik daftar bernomor maupun daftar bertanda.
Setelah menjalankan latihan ini, peserta diharapkan:
a.    Mampu membuat naskah yang di dalamnya terdapat tabel dan daftar.
b.    Mampu  mengatur tampilan isi dan ukuran sel dalam tabel.
c.    Mampu membuat daftar bernomor dengan berbagai pilihan penomoran.
d.    Mampu membuat daftar bertanda dengan berbagai pilihan tanda.
a.    Komputer dengan sistem operasi Windows XP (atau yang lebih baru) yang di dalamnya sudah terpasang perangkat lunak Microsoft Word 2002/2003
b.    Buku/Modul Panduan Latihan TIK Unit I: Mengolah Naskah dengan Microsoft Word 2002/2003
c.    Buku Kerja Guru



Daftar (list) diperlukan untuk menuliskan butir-butir informasi yang merupakan bagian-bagian dari sebuah informasi yang lebih lengkap dan utuh. Bila penjabaran atas bagian-bagian informasi itu lebih kompleks, dapat digunakan tabel.
Microsoft Word memiliki fasilitas pembuatan daftar dan tabel yang cukup lengkap, termasuk pengaturan tata letak tampilan maupun asesori-asesorinya. Daftar (list) dalam Microsoft Word dibedakan menjadi dua jenis, yaitu daftar bernomor (numbered list) dan daftar bertanda (bulleted list). Daftar bernomor diperlukan apabila Anda menginginkan masing-masing butir informasi yang disusun dicantumkan dengan menggunakan sistem penomoran, baik dengan angka maupun huruf. Sebaliknya, daftar bertanda dapat digunakan untuk mendaftar butir-butir informasi yang disusun tanpa sistem penomoran. Masing-masing butir ditulis dengan menggunakan tanda-tanda, sekedar untuk memisahkan butir satu dengan butir lainnya.
Microsoft Word juga memberikan kemudahan pembuatan tabel termasuk format maupun tampilan isinya. Berbagai format tabel yang umumnya digunakan dapat langsung dipilih dengan memilih menu, sementara disediakan pula keleluasaan bagi Anda untuk membuat sendiri format tampilan tabel sesuai keinginan.
Gambar B2- 1 Peta Kompetensi Kegiatan B2
Target Kegiatan B2 adalah Anda mampu membuat naskah yang di dalamnya berisi daftar (bertanda dan/atau bernomor) dan naskah dengan tabel. Prasyarat mengikuti kegiatan ini adalah Anda sudah mempu membuat naskah sederhana dengan Microsoft Word (yakni Unit kegiatan B1). Setelah menguasai cara pembuatan naskah berisi daftar dan tabel, Anda diharapkan dapat mengerjakan latihan dan tugasyang diberikan.
A.          Membuat Naskah dengan Daftar Bernomor dan Daftar Bertanda
Berikut ini adalah contoh daftar bernomor dan daftar bertAnda yang dibuat dengan Microsoft Word.
Gambar B2- 2 Contoh Daftar Bernomor dan Daftar Bertanda
Naskah seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas dapat dibuat dengan mengikuti panduan berikut ini.
1.    Jalankan Microsoft Word. Perhatikan bahwa pada akhir sesi ini, naskah yang Anda tulis akan tampak seperti gambar berikut ini.
Gambar B2- 3 Tampilan naskah pada akhir sesi

2.    Pada area kerja, mulailah mengetik: [Pada umumnya, komputer dilengkapi dengan perangkat-perangkat yang dapat dikategorikan sebagai :]. Kemudian, tekan tombol Enter. Hasil dari langkah ini akan tampak sebagai berikut.
Gambar B2- 4  Tampilan hasil langkah 2
3.    Klik menu Format ð Bullet and Numbering.
Gambar B2- 5  Tampilan langkah 3
4.    Setelah langkah 3 dilakukan, akan tampil kotak dialog Bullets and Numbering. Ada dua tab yang akan Anda gunakan, yakni: Tab Bulleted dan Tab Numbered
5.    Pada Tab Numbered yang tampil, pilihlah jenis penomoran dengan angka, kemudian klik tombol .

Gambar B2- 6  Tab Numbered dan Tab Bulleted
Gambar B2- 7 Memilih jenis penomoran
6.    Setelah langkah 5, akan tampil angka 1 pada sisi kiri naskah, maju ke dalam area teks sebanyak beberapa karakter (jarak majunya ini dapat diatur tersendiri). Ketikkan butir-butir informasi seperti yang ditunjukkan pada gambar hasil akhir sesi ini.
7.    Setelah tiga butir informasi diketikkan seperti contoh, maka hasil sementara naskah Anda kira-kira seperti gambar berikut.
Gambar B2- 8  Hasil sementara pengetikan daftar bernomor.
8.    Selanjutnya, tekan Enter, maka akan muncul angka 4. Untuk menghilangkan angka 4, karena kita akan mulai dengan paragraf baru, tekan Enter sekali lagi. Untuk mengembalikan posisi kursor tepat di bawah baris terakhit, tekan tombol Backspace.
9.    Lanjutkan penulisan dengan mengetikkan: [Perangkat berikut ini digolongkan sebagai perangkat masukan:]. Kemudian tekan Enter agar kursor berpindah ke baris berikutnya. Setelah langkah ini, tampilan naskah Anda kira-kira seperti gambar berikut ini.

Gambar B2- 9  Tampilan naskah setelah langkah 9

10. Selanjutnya, kembali klik menu Format ð Bullet and Numbering. Kali ini, pilihlah Tab Bulleted. Pilih ikon  untuk memilih tanda () sebagai penanda butir. Kemudian klik tombol .


Gambar B2- 10  Kotak Dialog Bullets and Numbering, Tab Bulleted
11. Perhatikan bahwa langkah 10 menyebabkan seluruh daftar, termasuk daftar bernomor yang telah Anda buat, menjadi daftar bertAnda. Klik ikon Undo untuk memulihkannya.

Gambar B2- 11  Hasil langkah 11, sebelum ikon Undo di-klik.
Gambar B2- 12  Hasil  langkah 11 setelah tombol Undo di-klik
12. Lanjutkan dengan mengetikkan daftar isian. Tekan tombol Enter setiap mengakhiri isian. Bila langkah ini selesai, tampilan naskah Anda adalah seperti gambar berikut ini.
Gambar B2- 13  Hasil akhir pengetikan daftar
Sampai di sini, Anda telah berhasil membuat naskah yang memuat daftar. Jangan lupa, simpanlah hasil kerja Anda di dalam flashdisk atau hardisk komputer. Hasil kerja ini akan menjadi bagian dari dokumen portofolio Anda.
B.          Membuat Naskah dengan Tabel
Tabel diperlukan untuk menyajikan butir-butir informasi dalam kelompok-kelompok tertentu sehingga informasi yang disajikan lebih mudah dipahami. Pada kegiatan berikut ini Anda dibimbing untuk membuat tabel berisi suatu kegiatan pembelajaran. Hasil akhir, sekaligus naskah yang akan diketik pada sesi ini disertakan pada halaman lampiran.
Langkah membuat tabel seperti ditunjukkan pada lampiran adalah sebagai berikut:
1.    Jalankan Microsoft Word, bila Anda belum menjalankannya.
2.    Ketikkan: [Kegiatan Pembelajaran]. Tekan tombol Enter.
3.    Pada naskah contoh, teks [Kegiatan Pembelajaran] ditulis dengan font jenis MS Trebuchet dengan ukuran 14. Untuk membuatnya sesuai dengan contoh pada lampiran, blok-lah teks tersebut. Kemudian, klik pilihan font dan ukurannya.
Gambar B2- 14  Mengubah ukuran teks
4.    Tempatkan tanda sisip (insertion point) di bawah teks [Kegiatan Pembelajaran], kemudian klik menu Table ð Insert ð Table. Langkah ini akan menampilkan kotak dialog Insert Table.
Gambar B2- 15 Menampilkan kotak dialog Insert Table
5.    Pada kotak dialog Insert Table, pilih banyaknya baris dan kolom yang diperlukan. Penting untuk dipastikan jumlah kolom yang akan diperlukan. Sedangkan jumlah baris akan mudah ditambah atau dikurangi. Pada contoh, jumlah kolom ada 2. Jumlah baris dipilih saja 5, karena nantinya dapat ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan.
Gambar B2- 16  Memilih jumlah kolom dan baris tabel

6.    Setelah tombol  di-klik, maka akan tampil tabel dengan jumlah baris dan kolom seperti yang dikehendaki. Perhatikan bahwa kedua kolom sama lebarnya. Anda dapat mengatur lebarnya bila diperlukan.
Gambar B2- 17  Tabel dengan 2 kolom dan 5 baris

7.    Sesuai contoh, kolom pertama lebih sempit daripada kolom kedua. Mengatur lebar kolom dapat dilakukan dengan:
8.    Tempatkan tanda sisip (insertion point) pada batas antar kolom sampai tanda sisip berubah menjadi menjadi tanda (µ). Seret (drag) batas kolom ke kiri sesuai kebutuhan.
9.    Lepaskan tekanan pada tombol kanan mouse pada saat lebar kolom telah sesuai dengan kebutuhan. Hasilnya kira-kira tampak seperti pada gambar berikut ini.
10. Mulailah mengetik pada baris perta kolom pertama. Untuk berpindah kolom atau baris gunakan tanda panah (, , , atau ) pada tombol keyboard. Penekanan tombol Enter hanya menyebabkan pemindahan baris ketikan dalam sel, tidak akan memindahkan kursor.
Gambar B2- 18  Mengubah ukuran kolom
11. Gambar berikut ini menunjukkan hasil penulisan pada dua baris pertama tabel.
Gambar B2- 19 Hasil sementara penulisan tabel
12. Teruskan penulisan sampai baris terakhir.  Bila jumlah baris tabel yang disiapkan ternyata kurang, Anda dapat menambah baris tabel dengan cara sebagai berikut.
13. Tempatkan kursor pada sebelah kanan (di luar) bawah batas tabel.
14. Tekan tombol Enter.
Gambar B2- 20 Penempatan kursor untuk menambah baris
15. Penekanan tombol Enter satu kali, akan menambah satu baris tabel.
Gambar B2- 21  Baris telah ditambahkan
a. Tugas terstruktur
1.    Buatlah naskah seperti yang ditunjukkan hasilnya pada Lampiran 1.
2.    Simpan hasilnya ke dalam flashdisk Anda (untuk disimpan sebagai bagian dari kemasan portofolio Anda).
b. Tugas Mandiri
1.    Ketiklah dengan Microsoft Word naskah RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang di dalamnya memuat tabel kegiatan pembelajaran seperti yang dicontohkan pada kegiatan ini.
a.     Dokumen digital yang diunduh (download) dari situs Universitas Kristen Duta Wacana ( http://www2.ukdw.ac.id/kuliah/si/SI4012/materi/word.pdf), salinannya (hardcopy) disertakan sebagai lampiran. Halaman 1 sampai 10 sangat membantu Anda menyelesaikan Unit Kegiatan B1 ini.
b.     Modul PJJ S1 PGSD “Komputer dan Media Pendidikan di Sekolah Dasar”, terutama Unit 4: Kegunaan dan Fungsi Program Aplikasi Komputer, Sub Unit 1: Pengolahan Kata dengan Microsoft Word.
c.      Dokumen digital “Mengenal MS Word” yang diunduh dari situs http://www.sanctaursula-jkt.sch.id/html/info/word.doc pada tanggal 12 September 2008.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silahkan beri komentar dengan santun dalam penyampaian sopan dalam bahasa motto kami dari anda, terimakasih atas komentar dan kunjungannya

PENDIDIKAN BERBASIS ICT

Post Populer

Label

BBM LANJUTAN (5) BAHAN BELAJAR MANDIRI (4) case study (4) BBM TIK | ICT (3) PERMENDIKNAS (3) BANNER (2) ICT (2) JARDIKNAS ONLINE (2) KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (2) PENGEMBANGAN DIRI (2) info beasiswa mahasiswa (2) instant global trafik (2) "Tetapkan Tujuan Hidup" (1) 10 Bisnis Penghasil Milyarder Tercepat (1) 2 (1) 7 Tips Memikat Lelaki (1) 7 Tips Memikat Wanita (1) 7 kesalahan fatal affiliate pemula (1) APRESIASI PUISI (1) ASI makanan terbaik bagi bayi (1) BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN NASIONAL (1) BANK SOAL UASBN SD (1) BBM-program belajar BERMUTU (1) BBM|KOMPUTER+LAPTOP (1) BUKU - PENDIDIKAN SDN KASTURI II (1) BUKU AJAR PEMAHAMAN INDIVIDU (1) Bahan Belajar Mandiri (BBM) (1) Bahan Belajar Mandiri (BBM) Lesson study (1) CONTOH PENGEMBANGAN DIRI (1) CONTOH PERHITUNGAN PAJAK (1) DOWNLOAD - PENDIDIKAN SDN KASTURI II (1) DOWNLOAD 31_jurus_menyempurnakan_PC.zip (1) Deskripsi Nilai (1) Download Software Gratis (1) FREE DOWNLOAD PTK BHS INDONESIA (1) Gambar Binatang Lucu (1) HAKIKAT STRATEGI PEMBELAJARAN (1) HUMAN ANATOMI (1) HopAd Builder clickbank (1) ICT LANJUTAN 2 (1) ICT LANJUTAN 3 (1) IDE PRODUK Yang Bisa DIJUAL TANPA Modal BESAR (1) IDENTIFIKASI MASYALAH (PTK) (1) ILMU PENDIDIKAN TEORITIS DAN PRAKTIS (1) Ilmu Komputer + Gaya Pendidikan (1) KEGIATAN EKSTRAKURIKULER (1) KODE ETIK GURU INDONESIA (1) Keterampilan Memfasilitasi (1) Konsep Jurnal belajar (1) LANDASAN TEORITIS Pengertian Metode (1) LATIHAN UAS/UASBN SD (1) LEARN MORE LEARN LESS (1) LPMP dan SPMP (1) MAKALAH (1) MERAJUT ASA MERAIH MIMPI (1) Mendulang uang lewat internet (1) OLAH RAGA 7 INDONESIA: GOLF (1) PANDUAN PENYUSUNAN SILABUS (1) PEDOMAN PEMBERIAN BANTUAN (1) PELAYANAN KONSELING (1) PENDIDIKAN INDONESIA (1) PENDIDIKAN LANJUTAN (1) PENDIDIKAN LANJUTAN 2 (1) PENGEMBANGAN PORTAL GURU PINTAR (1) PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU (1) PIGP (1) PRO KONTRA ANNE AHIRA (1) PROPOSAL PTK | FREE DOWNLOAD (1) PTK (1) PTK IPA (1) PTK MATEMATIKA (1) Pemahaman Pembelajaran Ber-Karakter (1) Program Induksi Guru Pemula (1) RPP SILABUS (1) RPP dan Silabus SD (1) SMU - PENDIDIKAN SDN KASTURI II (1) STANDAR KOMPETENSI GURU TIK SMK (1) STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (1) STRATEGI PEMBELAJARAN (1) Sikat Virus Recycle (1) Syllabus (1) TIK | ICT (1) Teknologi Informasi dan Komunikasi bag 2 (1) Waspadai Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja (1) anne ahira (1) bank soal (1) banner berjalan (1) banner best grades (1) bannerque (1) best grades (1) biz.bisnis (1) buku elektronik (1) buku elektronik smp (1) buku elektronik smu (1) contoh study kasus PTK (1) cotoh study kasus (1) detective dominator (1) ecoBALL (1) game matematika (1) gaming computer (1) golf (1) identifikasi asyalah (1) kajian kritis_bahasa indonesia (1) kegiatan TOT (1) kisi kisi ulangan harian (1) kompetensi Guru Pasca sertifikasi (1) ktsp silabus RPP all School (1) lesson study (1) meraih impian via motivasi (1) modul_kebahasaan (1) modul_kesusastraan (1) modul_media_ pembelajaran (1) modul_metologi pembelajaran (1) modul_pembelajaran berbicara (1) modul_pembelajaran membaca (1) modul_pembelajaran menulis (1) modul_pembelajarn mendengarkan (1) modul_penilaian (1) motivasi diri (1) panduan silabus+RPP (1) pendidikan sd (1) pippa middleton (1) portopolio induksi (1) potret pendidikan (1) program LPMP JAWA BARAT (1) silabus dan RPP (1) silabus/RPP SD/MI (1) soal olimpiade (1) succespul+home+garden (1)

Tukar daftar link