Kamis, 23 Desember 2010

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN Oleh Drs. Slamet Mulyana, M.Pd.

KURIKULUM  TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
Oleh
Drs. Slamet Mulyana, M.Pd.
Dosen FKIP Unswagati Cirebon
Widyaiswara Madya LPMP Jawa Barat
Tim Nasional Penilai KTI Gol.IV/a ke atas
Asesor Sertifikasi Guru dan Fasilitator PLPG
Pembimbing PTK dan PTS bagi Guru dan Pengawas
Hp. 081 320 583 698 / 087 880 630 275
Pengertian:
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi
dan bahan  pelajaran serta cara yang digunakan sebagai  pedoman
penyelenggaraan kegiatan pembelajaran  untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Tujuan  tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional  serta kesesuaian 
dengan kekhasan kondisi dan  potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta
didikOleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk  
memungkinkan penyesuaian  program pendidikan dengan kebutuhan dan
potensi  yang ada di daerah, (BSNP, 2006:4).

Tujuan Pendidikan Nasional
Tujuan pendidikan nasional yang dicapai oleh sekolah adalah Kurikulum 2004 atau
Standar Isi. Ini sesuai dengan  Permen Diknas no.75 tahun 2009 tentang Ujian
Nasional, pasal 8 sebagai berikut:
Standar Kompetensi Lulusan Ujian Nasional (SKLUN) Tahun Pelajaran 2009/2010
merupakan irisan (interseksi) dari pokok bahasan/sub pokok  bahasan Kurikulum 1994,
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar  pada Kurikulum 2004, dan Standar Isi
Pokok bahasan/sub pokok bahasan (Tujuan kelas dan butir-butir pembelajaran
Kurikulum 1994 yang dapat  diterapkan dalam kehidupan nyata dan bermanfaat bagi
kemajuan  bangsa diambil menjadi  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kurikulum 2004.  Kurikulum 2004 merupakan penyempurnaan dari  Kurikulum 1994
Kompetensi-kompetensi Dasar  Kurikulum 2004 yang memiliki tema yang sama
diintegrasikan menjadi Standar Kompetensi dan  Kompetensi Dasar  pada Standar Isi.
Standar Isi merupakan akumulasi  dari Kurikulum 2004
Dalam Kurikulum 2004  terdapat SK, KD, dan Indikator, sedangkan dalam Standar Isi
hanya terdapat SK dan KD. Indikatornya dibuat olah guru. 

 
Kurikulum 2004, SD, Matpel IPA
(Tahapan Pencapaian Kurikulum Nasional)
B. Pemahaman Konsep dan Penerapannya
1. Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
Standar Kompetensi
Siswa mampu memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup, pertumbuhan
makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhinya serta pengaruh kondisi lingkungan
terhadap kesehatan, (Depdiknas, 2003:35)
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
Hasil Belajar
1.1 Membandingkan  ciri-ciri makhluk hidup dan makhluk tak  hidup.
Indikator
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan ciri- cirinya.
Materi Pokok
Ciri-ciri dan  kebutuhan makhluk hidup.
 
Hasil Belajar
1.2 Menggolongkan makhluk hidup berdasarkan ciri-    cirinya.
Indikator
Mengidentifikasi persamaan hewan dan tumbuhan.
Menggolongkan hewan dan tumbuhan berdasarkan  persamaan ciri-cirinya.
Hasil Belajar
1.3 Mengidentifikasi kebutuhan makhluk hidup.
Indikator
Mencari  informasi  kebutuhan manusia, hewan, dan tumbuhan untuk
      mempertahankan hidupnya.
Memperkirakan yang akan terjadi bila salah satu kebutuhan  makhluk hidup tidak
      terpenuhi.
Mempraktikkan cara memelihara tanaman atau hewan.
  Standar Isi (Permendiknas,No.22 Tahun 2006) 
          Standar Kompetensi
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
Mendeskripsikan  perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)

  Perbandingan Kurikulum 2004 dengan Standar Isi
Kurikulum  2004
Standar Kompetensi
Siswa mampu memahami ciri-ciri dan kebutuhan
makhluk hidup, pertumbuhan makhluk hidup dan hal-
hal yang mempengaruhinya serta pengaruh kondisi
lingkungan  terhadap kesehatan, (Depdiknas, 2003:35)
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan ciri-ciri dan kebutuhan makhluk
hidup.
Hasil Belajar
1.1 Membandingkan  ciri-ciri makhluk hidup dan makhluk tak  hidup.
Indikator
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan ciri- cirinya.
Materi Pokok
Ciri-ciri dan  kebutuhan makhluk hidup.

Standar Isi
Standar Kompetensi
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan
makhluk hidup serta hal-hal yang
mempengaruhi perubahan pada makhluk
hidup
Kompetensi Dasar
1.  Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
2.  Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
3.   Mendeskripsikan  perubahan yang
      terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan  anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)

Kondisi Masyarakat Indonesia
Kondisi masyarakat Indonesia sangat beragam baik  keragaman karakteristik,
kondisi daerah, jenjang dan  jenis pendidikan, perbedaan agama, suku, budaya,
adat istiadat, status sosial ekonomi, dan jender.
Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan  untuk 
memungkinkan penyesuaian  program pendidikan dengan kebutuhan dan
potensi  yang ada di daerah mmelalui penyesuaian dengan kekhasan kondisi
dan  potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik, (BSNP, 2006:4).
Kurikulum  yang menyesuaikan program pendidikan dengan kekhasan kondisi
dan  potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik disebut  Kurikulum 
Tingkat  Satuan Pendidikan  (KTSP).

Kurikulum Nasional
A.Kurikulum 2004
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk  hidup.
B. Standar  Isi
Kompetensi Dasar
1.  Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
2.  Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
3.   Mendeskripsikan  perubahan yang  terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan  anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)
Pengalaman Siswa
Siswa  adalah  makhluk  hidup,
selain itu ada lagi yaitu:
Binatang  dan tumbuhan yangada
di sekitar atau yang dipelihara

KTSP
A.Kurikulum 2004
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan ciri-ciri dan kebutuhan makhluk  hidup (yang ada disekitar; kalau 
manusia dirinya sendiri  sebagai bahan kajian. Kalau hewan atau tumbuhan yang ada di 
sekitar)
Indikator
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup (dirinya, hewan, atau  tumbuhan yang ada  di sekitar atau peliharaan)
Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan ciri- cirinya (dirinya, hewan, atau  tumbuhan yang ada  di sekitar atau peliharaan)
Materi Pokok
Ciri-ciri dan  kebutuhan makhluk hidup dirinya, hewan, atau  tumbuhan yang
ada  di sekitar atau peliharaan
Metode Pembelajaran
Indikator
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup (dirinya, hewan, atau  tumbuhan yang ada  di sekitar atau peliharaan)
Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan ciri- cirinya (dirinya, hewan, atau  tumbuhan yang ada  di sekitar atau peliharaan)
Maka, metode pembelajarannya adalah metode  pengamatan/
observasi.
Alat  Tes
Tuliskan ciri-ciri makhluk hidup hasil pengmatan kalian terhadap diri sendiri, hewan, atau  tumbuhan yang ada  di sekitar atau peliharaan)
Tuliskan perbedaan  antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan ciri- cirinya  terhadap diri sendiri, hewan, atau  tumbuhan yang ada  di sekitar atau peliharaan.
KTSP
B. Standar  Isi
Standar Kompetensi
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang
mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup. (dirinya, hewan,
atau  tumbuhan yang ada  di sekitar atau peliharaan)
Kompetensi Dasar
1.Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup (dirinya, hewan, atau  tumbuhan yang ada  di sekitar atau peliharaan) .
2.Menggolongkan makhluk hidup (dirinya, hewan, atau  tumbuhan yang ada  di sekitar atau peliharaan) secara sederhana.
3.   Mendeskripsikan  perubahan yang
      terjadi pada makhluk hidup (dirinya, hewan, atau  tumbuhan yang ada  di sekitar atau peliharaan) dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan  anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)
Tugas:
Ubahlah kurikulum nasional ini menjadi KTSP dengan cara tetapkan
lebih dahulu kekhasan kondisi dan potensi daerah asal siswa atau
pengalaman siswa
 Kurikulum 2004
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan persamaan dan perbedaan sifat-sifat benda.
Hasil Belajar
4.1 Mengidentifikasi sifat- sifat benda padat dan cair.
Indikator
Membuat daftar sifat-sifat benda padat dan benda cair.
Mengelompokkan benda-benda yang  telah dikenalnya sebagai benda
      padat atau cair.
Materi Pokok
Sifat-sifat benda padat dan cair.

KTSP  
Kekhasan kondisi dan potensi daerah asal siswa atau pengalaman siswa
……..
Kompetensi Dasar
Indikator
 Materi Pokok
Metode
…..
Alat Tes
……..




 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri komentar dengan santun dalam penyampaian sopan dalam bahasa motto kami dari anda, terimakasih atas komentar dan kunjungannya

PENDIDIKAN BERBASIS ICT

Post Populer

Label

BBM LANJUTAN (5) BAHAN BELAJAR MANDIRI (4) case study (4) BBM TIK | ICT (3) PERMENDIKNAS (3) BANNER (2) ICT (2) JARDIKNAS ONLINE (2) KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (2) PENGEMBANGAN DIRI (2) info beasiswa mahasiswa (2) instant global trafik (2) "Tetapkan Tujuan Hidup" (1) 10 Bisnis Penghasil Milyarder Tercepat (1) 2 (1) 7 Tips Memikat Lelaki (1) 7 Tips Memikat Wanita (1) 7 kesalahan fatal affiliate pemula (1) APRESIASI PUISI (1) ASI makanan terbaik bagi bayi (1) BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN NASIONAL (1) BANK SOAL UASBN SD (1) BBM-program belajar BERMUTU (1) BBM|KOMPUTER+LAPTOP (1) BUKU - PENDIDIKAN SDN KASTURI II (1) BUKU AJAR PEMAHAMAN INDIVIDU (1) Bahan Belajar Mandiri (BBM) (1) Bahan Belajar Mandiri (BBM) Lesson study (1) CONTOH PENGEMBANGAN DIRI (1) CONTOH PERHITUNGAN PAJAK (1) DOWNLOAD - PENDIDIKAN SDN KASTURI II (1) DOWNLOAD 31_jurus_menyempurnakan_PC.zip (1) Deskripsi Nilai (1) Download Software Gratis (1) FREE DOWNLOAD PTK BHS INDONESIA (1) Gambar Binatang Lucu (1) HAKIKAT STRATEGI PEMBELAJARAN (1) HUMAN ANATOMI (1) HopAd Builder clickbank (1) ICT LANJUTAN 2 (1) ICT LANJUTAN 3 (1) IDE PRODUK Yang Bisa DIJUAL TANPA Modal BESAR (1) IDENTIFIKASI MASYALAH (PTK) (1) ILMU PENDIDIKAN TEORITIS DAN PRAKTIS (1) Ilmu Komputer + Gaya Pendidikan (1) KEGIATAN EKSTRAKURIKULER (1) KODE ETIK GURU INDONESIA (1) Keterampilan Memfasilitasi (1) Konsep Jurnal belajar (1) LANDASAN TEORITIS Pengertian Metode (1) LATIHAN UAS/UASBN SD (1) LEARN MORE LEARN LESS (1) LPMP dan SPMP (1) MAKALAH (1) MERAJUT ASA MERAIH MIMPI (1) Mendulang uang lewat internet (1) OLAH RAGA 7 INDONESIA: GOLF (1) PANDUAN PENYUSUNAN SILABUS (1) PEDOMAN PEMBERIAN BANTUAN (1) PELAYANAN KONSELING (1) PENDIDIKAN INDONESIA (1) PENDIDIKAN LANJUTAN (1) PENDIDIKAN LANJUTAN 2 (1) PENGEMBANGAN PORTAL GURU PINTAR (1) PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU (1) PIGP (1) PRO KONTRA ANNE AHIRA (1) PROPOSAL PTK | FREE DOWNLOAD (1) PTK (1) PTK IPA (1) PTK MATEMATIKA (1) Pemahaman Pembelajaran Ber-Karakter (1) Program Induksi Guru Pemula (1) RPP SILABUS (1) RPP dan Silabus SD (1) SMU - PENDIDIKAN SDN KASTURI II (1) STANDAR KOMPETENSI GURU TIK SMK (1) STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (1) STRATEGI PEMBELAJARAN (1) Sikat Virus Recycle (1) Syllabus (1) TIK | ICT (1) Teknologi Informasi dan Komunikasi bag 2 (1) Waspadai Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja (1) anne ahira (1) bank soal (1) banner berjalan (1) banner best grades (1) bannerque (1) best grades (1) biz.bisnis (1) buku elektronik (1) buku elektronik smp (1) buku elektronik smu (1) contoh study kasus PTK (1) cotoh study kasus (1) detective dominator (1) ecoBALL (1) game matematika (1) gaming computer (1) golf (1) identifikasi asyalah (1) kajian kritis_bahasa indonesia (1) kegiatan TOT (1) kisi kisi ulangan harian (1) kompetensi Guru Pasca sertifikasi (1) ktsp silabus RPP all School (1) lesson study (1) meraih impian via motivasi (1) modul_kebahasaan (1) modul_kesusastraan (1) modul_media_ pembelajaran (1) modul_metologi pembelajaran (1) modul_pembelajaran berbicara (1) modul_pembelajaran membaca (1) modul_pembelajaran menulis (1) modul_pembelajarn mendengarkan (1) modul_penilaian (1) motivasi diri (1) panduan silabus+RPP (1) pendidikan sd (1) pippa middleton (1) portopolio induksi (1) potret pendidikan (1) program LPMP JAWA BARAT (1) silabus dan RPP (1) silabus/RPP SD/MI (1) soal olimpiade (1) succespul+home+garden (1)

Tukar daftar link