PENGEMBANGAN PORTAL GURU PINTAR (PGP)
UNIVERSITAS TERBUKA
BERMUTU
(Better Education through Reformed Management
and Universal Teacher Upgrading)
IDA CREDIT NO.4349-IND/IBRD LOAN NO.7478-IND DAN HIBAH TF-090794
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Departemen Pendidikan Nasional
Maret 2008
PROFIL UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
A. Kondisi Mahasiswa dan Alumni PGSD FKIP-UT
Saat ini ada 9 (sembilan) Program Sarjana yang ditawarkan FKIP UT yang memiliki 78.747 mahasiswa aktif, diantaranya 67.305 orang adalah mahasiswa Program Guru Sekolah Dasar (PGSD). Dari program-program ini telah diluluskan 35.930 mahasiswa dimana Program Studi PGSD telah meluluskan 15.097 mahasiswa. Data ini dapat dilihat pada table di bawah ini. Seluruh mahasiswa yang meregistrasi di FKIP UT adalah guru karena FKIP merupakan program in-service training bagi para guru.
Jumlah mahasiswa dan alumni FKIP (Data 2007)
Nama Program Studi | Jumlah | |
Mahasiswa | Alumni | |
Pendidikan Bahasa Indonesia | 1.597 | 3.862 |
Pendidikan Bahasa Inggris | 2.149 | 4.692 |
Pendidikan Biologi | 1.464 | 3.183 |
Pendidikan Fisika | 984 | 1.906 |
Pendidikan Kimia | 520 | 2.566 |
Pendidikan Matematika | 2.708 | 3.333 |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 729 | 796 |
Pendidikan Ekonomi dan Koperasi | 1.291 | 495 |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar | 67.305 | 15.097 |
Total | 78.747 | 35.930 |
Tabel berikutnya memperlihatkan contoh prestasi akademik yang dicapai mahasiswa PGSD yang ditunjukkan oleh jumlah mahasiswa yang registrasi ujian akhir semester (UAS) dan persentase mahasiswa yang lulus ujian di beberapa Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ). Terlihat dari tabel bahwa tidak ada satu UPBJJ pun yang tingkat kelulusannya 100% untuk mata kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup (PIPA3225). Pada beberapa UPBJJ, tingkat kelulusan mata kuliah tersebut sangat rendah. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan adanya kesulitan yang dihadapi mahasiswa PGSD dalam belajar.
Jumlah mahasiswa yanag meregistrasi matakuliah Pendidikan Lingkungan Hidup (PIPA3225) dan lulus Ujian Akhir Semester (UAS) pada beberapa UPBJJ sampel.
(Masa Uji 2006.1)
NO. | UPBJJ-UT | Jumlah mahasiswa | |||
registrasi | Registrasi ujian | Lulus ujian | % | ||
1 | Medan | 150 | 147 | 121 | 82,312 |
2 | Jambi | 21 | 21 | 5 | 23,809 |
3 | Serang | 70 | 67 | 63 | 94,029 |
4 | Bandung | 298 | 288 | 238 | 82,638 |
5 | Semarang | 264 | 257 | 251 | 97,665 |
6 | Pontianak | 150 | 149 | 127 | 85,234 |
7 | Palangkaraya | 8 | 8 | 1 | 12,500 |
8 | Denpasar | 38 | 35 | 28 | 80,000 |
9 | Palu | 112 | 97 | 77 | 79,381 |
10 | Jayapura | 87 | 77 | 37 | 48,051 |
Sampel Mata kuliah dengan distribusi grade Mahasiswa PGSD
masa ujian 2006.2
No. | Kode dan Nama Mata Kuliah | Grade Akhir Mahasiswa | Total | |||||
A | B | C | D | E | ||||
1 | MKDK4301 | Pengantar Pendidikan | 0 | 1 | 12 | 82 | 21 | 116 |
2 | MKDK4302 | Perkembangan Peserta didik | 0 | 1 | 16 | 64 | 15 | 96 |
3 | MKDK4402 | Belajar dan Pembelajaran 2 | 0 | 0 | 11 | 74 | 50 | 135 |
4 | PGSD4411 | Pembaharuan Pembelajaran di SD | 0 | 0 | 52 | 93 | 35 | 180 |
|
Contoh lain yang mendukung perlunya tutorial dapat dilihat pada tabel ketiga yang diperjelas dengan gambar di atas. Gambar ini menunjukkan bahwa prestasi mahasiswa terdistribusi sekitar grade D dan E. Hal ini terjadi pada hampir semua mata kuliah yang tidak didukung oleh tutorial tatap muka. Sementara, UT memiliki keterbatasan untuk memfasilitasi dengan jenis tutorial tatap muka. Oleh karenanya, strategi lain perlu diterapkan. Tutorial online dipertimbangkan sebagai satu alternatif bantuan belajar yang mampu menangani masalah jarak dan waktu mahasiswa. Meskipun tutorial ini memiliki kelemahan dalam hal infrastruktur pendukung (Tim PMIPA FKIP, 2002), pemberian tutorial online dianggap memberi keuntungan secara signifikan terhadap mahasiswa yang berada di pelosok (remote area).
Kesimpulannya, dengan mempertimbangkan profil FKIP UT, adalah jelas bahwa UT menghadapi masalah yang terkait dengan kinerja akademik mahasiswanya. Seiring dengan terus meningkatnya jumlah mahasiswa PGSD dan keterbatasan penanganan tutorial tatap muka, UT perlu mengembangkan tutorial online sebagai layanan pendukung untuk meningkatkan kinerja akademik mahasiswa.
B. Kriteria Pengelola Tutorial Online di UPBJJ dan Kabupaten/Kota
Beberapa acuan standar yang digunakan Universitas Terbuka dalam merekrut tutor tatap muka akan diterapkan untuk merekrut Pengelola Tutorial Online di UPBJJ dan Kabupaten/Kecamatan. Pada prinsipnya, ada perbedaan mendasar tentang konsep tutorial tatap muka dan tutorial online dipandang dari aspek tutor. Apabila pada tutorial tatap muka, jumlah tutor yang disediakan sesuai dengan jumlah mata kuliah yang ditutorialkan secara tatap muka, sedangkan pada tutorial online yang menggunakan fasilitas jaringan internet, tidak membutuhkan tutor sebanyak mata kuliah yang ditawarkan secara online. Dengan demikian untuk tutorial online, istilah tutor adalah dosen yang mengembangkan materi inisiasi, sedangkan orang yang membantu mengecek keaktifan mahasiswa, memberikan motivasi, dan membimbing mahasiswa untuk mengikuti inisiasi sampai akhir adalah pengelola tutorial online. Kriteria Pengelola Tutorial Online adalah sebagai berikut:
1. Berstatus sebagai dosen, (jika tidak memungkinkan dapat guru SLTA/SLTP dengan syarat harus berijazah S2 yang sesuai dengan bidang yang ditutorialkan)
2. Berijazah minimum S2 yang sesuai dengan bidang yang ditutorialkan
3. Menguasai bidang kajian ke-SD-an
4. Menguasai program aplikasi komputer
5. Sudah pernah mengikuti pelatihan pengelolaan tutorial online
C. Rincian Rencana Kegiatan dan Indikator Kunci Keberhasilan Pengembangan Portal Guru Pintar (PGP)
Komponen Kegiatan dan Indikator Kunci Keberhasilannya
No. | Komponen Kegiatan | Indikator Kunci Keberhasilan |
Program 2008 | ||
1 | Pembuatan Rancangan pengembangan Portal Guru Pintar yang terdiri dari pengembangan: · Panduan pengembangan, penggunaan, dan pemeliharaan situs Bengkel Pembelajaran, · Panduan pengembangan, penggunaan, dan pemeliharaan situs Tutorial Online · Panduan pengembangan, penggunaan, dan pemeliharaan materi Suplemen Web, dan · Panduan pengembangan, penggunaan, dan pemeliharaan situs Forum Komunikasi Guru | Dari pembuatan berbagai panduan tersebut akan dihasilkan suatu produk Portal Guru Pintar yang terdiri dari 4 ruang yaitu Bengkel Pembelajaran, Tutorial online, Suplemen Web, dan Forum Komunikasi Guru dengan tampilan yang dapat digunakan secara mudah oleh guru secara umum, mahasiswa, dan tutor. |
2 | Pengembangan perangkat lunak Bengkel Pembelajaran yang terdiri dari: · Identifikasi kasus pembelajaran melalui observasi di kelas · Penulisan naskah kumpulan kasus pembelajaran yang materinya terkait dengan mata kuliah (setiap mata kuliah akan dikaitkan dengan 1 materi kasus pembelajaran) · Pengembangan LOM Bengkel Pembelajaran (Buklet dan CAI) | Dari kegiatan pengembangan perangkat lunak Bengkel Pembelajaran akan dihasilkan 10 produk naskah kasus pembelajaran serta 5 produk LOM kasus pembelajaran |
3 | Pengembangan perangkat lunak Tutorial Online berupa: · Penulisan naskah materi inisiasi yang mengacu pada mata kuliah tertentu | Dari kegiatan pengembangan perangkat lunak tutorial online akan dihasilkan 10 paket kumpulan materi inisiasi tutorial online. |
4 | Pengembangan perangkat lunak materi suplemen web yang terdiri dari: · Penulisan naskah materi suplemen web · Pengembangan LOM materi suplemen web (buklet) | Dari kegiatan pengembangan perangkat lunak materi sumplemen web akan dihasilkan 2 paket naskah untuk masing-masing 10 mata kuliah beserta 5 LOM sehingga akan dihasilkan 25 naskah LOM dan materi suplemen web |
5 | Pengembangan Forum Komunikasi Guru yang terdiri dari: · Penyusunan naskah stimuli · Pengembangan format Forum Komunikasi Guru yang dapat difungsikan secara multi arah | Dari kegiatan pengembangan Forum Komunikasi Guru akan dihasilkan suatu naskah yang berisi materi stimuli dan tampilan dalam ruang Forum Komunikasi Guru yang dapat difungsikan secara multi arah, serta maksimum 5 produk guru yang ter upload sebagai model secara selektif |
6. | Kegiatan analisis dan validasi publik terhadap portal guru pintar | Laporan yang berisi data-data tentang hasil analisis dan validasi portal guru pintar yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa PGSD, guru umum, dan tim KKG di UPBJJ-UT Bandung |
7. | Pengembangan bahan sosialisasi | Akan dihasilkan 1 paket leaflet yang berisi keberadaan Portal Guru Pintar beserta fasilitasnya; daftar guru-guru yang berada di kantong-kantong KKG target Bermutu yang menjadi mahasiswa UT; manual TOT; Panduan Monev |
8 | Pelaksanaan pelatihan calon pengelola tutorial online yang akan diadakan di wilayah kerja UPBJJ-UT Bandung | Yang akan dihasilkan dari pelatihan calon pengelola tutorial online di UPBJJ-UT Bandung adalah terlatihnya 10 calon tutor yang diambil dari staf akademik di UPBJJ-UT Bandung dan Tim Inti Kabupaten/Kota |
9 | Pelaksanaan tutorial online di UPBJJ Bandung dan pemeliharaan Portal Guru Pintar | Akan dihasilkan 10 rancangan aktivitas pengelolaan tutorial online dan laporannya. Selain itu, Pengelola tutorial online yang terlatih dapat memberikan tanggapan dan jawaban terhadap hasil kerja guru yang menjadi mahasiswa Disamping, programer Portal Guru Pintar melakukan updating data setiap hari |
10 | Pengembangan Sistem Program monitoring dan evaluasi | Dari serangkaian kegiatan monitoring dan evaluasi akan dihasilkan instrumen berupa kuesioner yang akan di masukkan dalam setiap ruang pada Portal Guru Pintar serta laporan monitoring dan evaluasi |
11 | Penyusunan laporan | Akan dihasilkan dua buah laporan perkembangan pemanfaatan Portal Guru Pintar per 6 bulan. |
Program 2009 | ||
1 | Pengembangan Program Video Streaming dari materi kasus pembelajaran didasarkan observasi kelas, dan kumpulan naskah pembelajaran serta LOM (Buklet dan powerpoint) | Dari kegiatan pengembangan program video streaming akan dihasilkan 20 program video streaming beserta 20 LOM |
2 | Kegiatan penyempurnaan FKG situs | Substansi situs FKG yang berubah dengan maksimum 5 produk guru yang akan menjadi model (dipilih secara selektif) |
3 | Persiapan Pelatihan Pengelolaan Tutorial Online | Manual Pelatihan Tutorial Online beserta bahan-bahan pelatihan (powerpoint; petunjuk pengelolaan tutorial Online) |
4 | Pelaksanaan pelatihan calon pengelola tutorial online yang akan diadakan di wilayah kerja UPBJJ-UT Jambi; dan Banjarmasin | Yang akan dihasilkan dari pelatihan calon pengelola tutorial online di UPBJJ-UT adalah terlatihnya 40 calon tutor yang diambil dari staf akademik di UPBJJ-UT Jambi & Banjarmasin dan Tim Inti Kabupaten/Kota |
5 | Pelaksanaan pengelolaan tutorial online di UPBJJ Bandung; Jambi; dan Banjarmasin | Akan dihasilkan 60 rancangan aktivitas pengelolaan tutorial online dan laporannya dari para pengelola tuton di UPBJJ Bandung, Jambi, dan Banjarmasin. Selain itu, Pengelola tutorial online yang terlatih dapat memberikan tanggapan dan jawaban terhadap hasil kerja guru yang menjadi mahasiswa Disamping, programer Portal Guru Pintar melakukan updating data setiap hari |
6 | Pengembangan dan pelaksanaan sistem Monev | Dari serangkaian kegiatan monitoring dan evaluasi akan dihasilkan instrumen berupa kuesioner yang akan di masukkan dalam setiap ruang pada Portal Guru Pintar serta laporan monitoring dan evaluasi |
7 | Pemeliharaan dan updating Portal Guru Pintar | Tampilan Portal Guru Pintar yang sudah diperbaharui dengan data-data terkini |
8 | Pengembangan Laporan Program | Akan dihasilkan dua buah laporan perkembangan pemanfaatan Portal Guru Pintar per 6 bulan |
Program 2010 | ||
1 | Pengembangan Program Video Streaming dari materi web suplemen, dan kumpulan naskah pembelajaran serta LOM (Buklet dan powerpoint) | Dari kegiatan pengembangan program video streaming akan dihasilkan 20 program video streaming beserta 20 LOM |
2 | Kegiatan penyempurnaan FKG situs | Substansi situs FKG yang berubah dengan maksimum 5 produk guru yang akan menjadi model (dipilih secara selektif) |
3 | Persiapan Pelatihan | Manual Pelatihan Tutorial Online beserta bahan-bahan pelatihan (powerpoint; petunjuk pengelolaan tutorial Online) |
4 | Pelaksanaan pelatihan tutorial online di UPBJJ Kendari, Padang, dan Mataram | Yang akan dihasilkan dari pelatihan calon pengelola tutorial online di UPBJJ-UT adalah terlatihnya 60 calon tutor yang diambil dari staf akademik di UPBJJ-UT Padang, Mataram, & Kendari serta Tim Inti Kabupaten/Kota |
5 | Pelaksanaan pengelolaan Tutorial Online di UPBJJ Bandung, Jambi, Banjarmasin, Kendari, Padang, dan Mataram | Akan dihasilkan 120 rancangan aktivitas pengelolaan tutorial online dan laporannya dari para pengelola tuton di UPBJJ Bandung, Jambi, dan Banjarmasin, Padang, Mataram, dan Kendari. Selain itu, Pengelola tutorial online yang terlatih dapat memberikan tanggapan dan jawaban terhadap hasil kerja guru yang menjadi mahasiswa Disamping, programer Portal Guru Pintar melakukan updating data setiap hari |
6 | Pemeliharaan dan updating Portal Guru Pintar | Tampilan Portal Guru Pintar yang sudah diperbaharui dengan data-data terkini |
7 | Pengembangan dan pelaksanaan sistem Monev | Dari serangkaian kegiatan monitoring dan evaluasi akan dihasilkan instrumen berupa kuesioner yang akan di masukkan dalam setiap ruang pada Portal Guru Pintar serta laporan monitoring dan evaluasi |
8 | Pengembangan Laporan Program | Akan dihasilkan dua buah laporan perkembangan pemanfaatan Portal Guru Pintar per 6 bulan |
D. Rencana Anggaran PGP 2008 – 2010
(dapat berubah sesuai hasil Monev dan tingkat ketercapaian pengembangan PGP)
No. | Kegiatan | Anggaran |
1 | Pembuatan Rancangan pengembangan Portal Guru Pintar | 181,350,000 |
2 | Pengembangan perangkat lunak Bengkel Pembelajaran | 381,850,000 |
3 | Pengembangan perangkat lunak Tutorial Online | 27,000,000 |
4 | Pengembangan perangkat lunak materi suplemen web | 67,500,000 |
5 | Pengembangan Forum Komunikasi Guru | 68,350,000 |
6 | Kegiatan analisis dan validasi publik terhadap portal guru pintar | 75,800,000 |
7 | Pengembangan bahan sosialisasi | 63,200,000 |
8 | Pelaksanaan pelatihan calon pengelola tutorial online yang akan diadakan di wilayah kerja UPBJJ-UT Bandung | 68,950,000 |
9 | Pelaksanaan tutorial online dan pemeliharaan Portal Guru Pintar | 137,700,000 |
10 | Pengembangan Sistem Program monitoring dan evaluasi | 93,900,000 |
11 | Penyusunan laporan | 20,500,000 |
TOTAL 2008 | 1,186,100,000 | |
1 | Pengembangan Program Video Streaming dan LOM | 1,137,500,000 |
2 | Kegiatan penyempurnaan FKG situs | 40,800,000 |
3 | Persiapan Pelatihan | 50,900,000 |
4 | Pelaksanaan pelatihan calon pengelola tutorial online yang akan diadakan di wilayah kerja UPBJJ-UT Jambi; dan Banjarmasin | 226,100,000 |
5 | Pelaksanaan pengelolaan tutorial online di UPBJJ Bandung; Jambi; dan Banjarmasin | 176,600,000 |
6 | Pengembangan dan pelaksanaan sistem Monev | 44,200,000 |
7 | Pemeliharaan dan updating Portal Guru Pintar | 17,365,000 |
8 | Pengembangan Laporan Program | 137,700,000 |
TOTAL 2009 | 1,693,465,000 | |
1 | Pengembangan Program video streaming | 475,600,000 |
2 | Kegiatan penyempurnaan FKG situs | 40,800,000 |
3 | Persiapan Pelatihan | 50,900,000 |
4 | Pelaksanaan pelatihan tutorial online di UPBJJ Kendari, Padang, dan Mataram | 241,100,000 |
5 | Pelaksanaan pengelolaan Tutorial Online di UPBJJ Bandung, Jambi, Banjarmasin, Kendari, Padang, dan Mataram | 338,100,000 |
6 | Pemeliharaan dan updating Portal Guru Pintar | 17,365,000 |
7 | Pengembangan dan pelaksanaan sistem Monev | 44,200,000 |
8 | Pengembangan Laporan Program | 137,700,000 |
Total 2010 | 1,208,065,000 | |
TOTAL (3 tahun rancangan anggaran ) | 4,087,630,000 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan beri komentar dengan santun dalam penyampaian sopan dalam bahasa motto kami dari anda, terimakasih atas komentar dan kunjungannya