Sabtu, 25 Desember 2010

STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

ASPEK-ASPEK YANG DIKEMBANGAN DALAM PERENCANAAN SEKOLAH SESUAI DENGAN TUNTUTAN SNP ADA 8:
  Standar  Isi
  Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
  Standar  Proses
  Standar  Pengelolaan
  Standar  Sarana Prasarana
  Standar  Pendidik dan tenaga Kependidikan
  Standar  Pembiayaan
  Standar  Penilaian
                PENGEMBANGAN STANDAR ISI
Standar isi menurut PP 19 tahun 2005 yaitu: mencakup lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu terdiri dari :
          Kerangka dasar dan struktur kurikulum
          Beban belajar
          Kurikulum tingkat satuan pendidikan
          Kalender pendidikan / akademik
  PENGEMBANGAN STANDAR PROSES PENDIDIKANS
tandar proses pendidikan dalam SNP:
          Standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan dapat dicapai standar kompetensi lulusan, misal: interaktif, inspiratis, memotivasi, menyenangkan dan sebagainya.
          Program pengembangan standar proses pendidikan pada sekolah rintisan dan SSN:
          Mengembangkan berbagai program dan kegiatan seperti: CTL, pengembangan dan inovasi bahan pembelajaran, manajemen kelas dan sebagainya
  PENGEMBANGAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
Kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan ketrampilan :
          Sebagai dasar pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan.
          Meliputi seluruh mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran, termasuk kompetensi membaca dan menulis.
          Kompetensi lulusan mencakup pengetahuan keterampilan dan sikap sesuai dengan SNP.
          Jenjang SD: meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan dan kepribadian, akhlak mulia, keterampilan hidup mandiri dan mengokuti pendidikan lebih lanjut.
          SKL SD dikembangkan BSN dan ditetapkan Menteri.
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
          Kualifikasi akademik: tingkat pendidikan minimal
          Kualifikasi ; pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial.
PENGEMBANGAN STANDAR PRASARANA DAN SARANA PENDIDIKAN
  Persyaratan minimal tentang lahan, ruang kelas, tempat berolahraga, beribadah, perpustakaan,  bermain, berkreasi, perabot, alat dan media pendidikan, buku dan sumber belajar lain.
PENGEMBANGAN STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN
  Berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten / kota, provinsi atau nasional agar tercapai efisien dan efektifitas penyelenggaraan pendidikan.
 PENGEMBANGAN STANDAR PEMBIAYAAN PENDIDIKAN
          Standar pembiayaan mengatur komponen dan besarnya biaya operasi satuan pendidikan.
          Biaya operasi; meliputi gaji pendidik, dan tenaga kependidikan serta segala tunjangan yang melekat pada gaji, bahan dan peralatan pendidikan habis pakai, dan biaya operasi pendidikan tak langsung seperti daya, air, jasa, telekomunikasi, pemeliharaan sarana prasarana, uang lembur, transportasi, konsumsi, pajak, asuransi, dan lain sebagainya.
  PENGEMBANGAN STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN
          Berkaitan dengan mekanisme, prosedur, dan instrumen peniaian prestasi belajar peserta didik.
          Penilaian hasil belajar didik dilakukan oleh pendidik secara berkesinambungan untuk memantau proses, kemampuan dan kemajuan hasil belajar.
          Penilaian untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik, bahan penyususnan laporan kemajuan hasil belajar, memperbaiki proses pembelajaran dan menentukan kelulusan peserta didik.
  PROGRAM PENGEMBANGAN KERANGKA PROGRAM DAN TARGET DENGAN BERBAGAI STRATEGI
          Strategi implementasi MBS
          Strategi pengembangan inovasi pembelajaran
          Strategi penciptaan komunitas belajar yang kondusip di sekolah
          Strategi pengembangan profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan
          Strategi penggalangan partisipasi masyarakat
Proses penyusunan RPS
Harus menerapkan prinsip-prinsip memperbaiki prestasi belajar siswa
Membawa perubahan yang lebih baik, sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh, tanggap terhadap perubahan, berdasarkan kebutuhan, partisipasi, keterwakilan, transparansi data driven, realistik sesuai dengan hasil analisis SWOT, dan berdasarkan pada hasil review dan evaluasi.
  PENTAHAPAN PENYUSUNAN RPS SECARA RINCI
Melakukan analisis lingkungan strategis sekolah
Melakukan analisis situasi pendidikan sekolah saat ini
Melakukan analisis situasi pendidikan sekolah yang diharapkan 5 tahun kedepan.
Menentukan kesenjangan antara situasi pendidikan sekolah saat ini dan yang diharapkan 5 tahun kedepan.
Merumuskan Visi sekolah
Merumuskan misi sekolah
Merumuskan tujuan sekolah selama 5 tahun kedepan
Merumuskan program-program strategis untuk mencapai tujuan jangka menengah (5 tahun)
Menentukan stratgei pelaksanaan
Menentukan milestone (out apa dan kapan dicapainya)
Menentukan rencana biaya (alokasi dana)
Membuat rencana pemantauan dan evaluasi
  LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN RENOP
Melakukan analisis lingkungan operasional sekolah
Melakukan analisis pendidikan sekolah saat ini
Melakukan analisis pendidikan sekolah 1 tahun ke depan
Merumuskan kesenjangan antara pendidikan sekolah saat ini dan 1 tahun kedepan
Merumuskan tujuan tahunan/tujuan jangka pendek (sasaran).
Mengidentifikasi urusa-urusan sekolah yang dilibatkan untuk mencapai setiap sasaran dan yang masih perlu diteliti tingkat kesiapannya.
Melakukan analisis SWOT (mengenai tingkat kesiapan masing-masing urusan sekolah melalui analisis SWOT.
Menyusun langkah-langkah pemecahan persoalan, yaitu mengubah ketidaksiapan menjadi kesiapan urusan sekolah.
Menyusun rencana program sekolah
menentukan miliestone (output apa dan kapan dicapai)
Menyusun rencana biaya (besar dana, alokasi, sumber dana)
Menyusun rencana pelaksanaan program
Menyusun rencana pemantauan dan evaluasi
Membuat jadwal pelaksanaan program
Menentukan penanggungjawab program/kegiatan
  KETENTUAN DALAM MENYUSUN RENOP
Menggunakan stretegi analisis SWOT
Analisis SWOT dilakukan setiap tahun
Renop merupakan penjabaran dari Renstra
Program yang direncanakan lebih operasional
Ada benang merah antara tujuan lima tahunan dan sasaran (tujuan) satu tahunan
Rencana dan program sekolah harus memperhatikan hasil analisis SWOT
Penulisan Renop juga mengacu pada buku MBS
  PENYUSUNAN RENOP SECARA RINCI
Melakukan analisis lingkungan operasional sekolah
Melakukan analisis pendidikan sekolah saat ini
Melakukan analisis pendidikan sekolah 1 tahun kedepan
Merumuskan kesenjangan antara pendidikan sekolah saat ini dan 1 tahun ke depan.
Merumuskan tujuan/tujuan jangka pendek (sasaran)
Mengidentifikasi urusan-urusan sekolah yang dilibatkan untuk mencapai setiap sasaran dan yang masih perlu diteliti tingkat kesiapannya
Melakukan analsis SWOT (menenai tingkat kesiapan masing-masing urusan sekolah melalui analisis SWOT
Menyusun langkah-langkah pemecahan persoalan, yaitu mengubah ketidaksiapan menjadi kesiapan urusan sekolah.
Menyusun rencana program sekolah
Menentukan miliestone (output apa dan kapan dicapai)
Menyusun rencana biaya (besar dana, alokasi, sumber dana) Menyusun rencana pelaksanaan program
Menyusun rencana pemantauan dan evaluasi
Membuat jadwal pelaksanaan program
Menentukan penanggungjawab program/kegiatan
  Jenis Kegiatan
Penerimaan murid baru dengan system wajar dikdas 9 tahun
Kemampuan berbahasa Inggris, Komputer, PLKJ dan IQRO
Active Learning serta pembelajaran berpusat pada anak.
Bimbingan belajar bidang studi pilihan dengan program remedial
Evaluasi Pengajaran konferhensif dari semua aspek yang dimiliki siswa
Pemberian Reward kelas maupun sekolah
Bimbingan konseling bagi anak maupun orang tua dengan petugas profesional
Pembiasaan disiplin dan penanaman akidah dan akhlak melalui muatan IMTAQ
Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif, aman dan nyaman untuk proses belajar mengajar.pusat pengembangan bakat, minat dan pembinaan prestasi
Menjadikan SDM sekolah yang berkompetesi dalam bidangnya masing-masingSarana dan prasarana yang ideal untuk bersaing didunia global
Menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan maupun non pendidikan dalam rangka pengembangan mutu
Pengajaran dwi bahasa dengan bahasa Indonesia dan Inggris sebagai bahan pengantar pembelajaranPusat informasi bagi sekolah dilingkungannya
Pembinaan ekstrakurikuler olah raga dan kesnian dan lomba-lomba
Langkah-langkah Kegiatan
  Pembentukan panitia PSB, Ulangan Umum, TKD, Uji Mutu, Pengayaan, Ujian Sekolah, UASBN, dan lomba-lomba. Guru profesional sesuai bidangnya
  Peralatan yang memadai
  Memvariasikan metode PBM yang PAKEM Inventarisasi siswa yang berbakat
  Pembinaan dan pengembangan materi latihan, pemberian tugas dan belajar mandiri
  Mengikuti sertakan lomba-lomba Kegiatan ekstrakulikuler
  Festifal dan PKS (Pekan Kreatifitas Siswa)
  Evaluasi Belajar secara periodik
  Evaluasi belajar bulanan
  Evaluasi belajar mingguan
  Pemberian penghargaan bagi siswa, guru kelas dan sekolah yang berpreatasi
  Menyiapkan guru yang profesional
  Komunikasi yang efektif             
  Mensosialisasikan tata tertib menentukan kegiatan keagamaan, Qiyamu Ramadhan, membiasakan siswa berjabat tangan dan mengucap salam ketika bertemu guru.
 Tertib tertib sekolah
  Mewujudkan sekolah yang aman, bersih, tertib, indah, tenang, rindang, nyaman, sejuk, ramah-tamah, serta kenangan, harmonis, rapi, dan kekeluargaan
  Kerukunan antar warga sekolahKerjasama dengan warga
  Kegiatan sosial di lingkungan masyarakat
  Program ekstrakurikuler : Drumband, Pencak Silat, Seni Lukis, Komputer, Aritmatika “Jari Pintar”, Pramuka, dan BTA
  Menampung kreatifitas anak melalui sanggar seni.
  Menjalin kerjasama : Sekolah lain, Dudi (Dunia industri), tokoh masyarakat, LSM, Tokoh Agama, dan instansi pemerintahan yang terkait
  Ikut serta aktif dalam berbagai jenis lomba
Langkah Kegiatan
  Pembinaan pegawai
  Supervisi kelas
  Pelatihan khusus
  Mengirim guru ikut seminar dan penataran
  Studi banding
  Melengkapi sarana ruang kelas dengan media pengajaran
  Perpustakaan sekolah
  Lapangan olahraga yang memadai :Lab. Komputer
  Mengikuti program KKG
  Kerjasama dengan pihak lain dalam penyelenggaraan pelatihan-pelatihan
  Penyelenggaraan workshop dengan pihak luar
  Pengembangan penguasaan bahasa Inggris dengan bantuan Native Speaker, serta dengan media televisi dan VCD
  Pengembangan penguasaan IPA dengan bantuan media televisi dan VCD
  Pembiasaan berbahasa Inggris oleh guru dan murid (English Day pada Hari Sabtu dan Poe Sunda pada Hari Jumat)
  Menyelenggarakan kegiatan pameran tentang hasil Pendidikan Lingkungan Hidup bulan Juni
  Memfasilitasi kegiatan seminar, workshop
  Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Dasar dan lembaga lain yang relevan dalam mensosialisasikan kebijakan-kebijakan pemerintah
  Kegiatan ekstrakurikuler Latihan yang continue
  Mengikuti lomba-lomba atau pagelaran
Indikator Keberhasilan
  Sekolah telah terakreditasi “Amat Baik” (91,39)
          Terlaksananya kegiatan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
          Terlaksananya pembelajaran tematik kelas I, II, dan III
          Terwujudnya warga sekolah yang disiplin, taat beragama, sopan, serta peduli dan berwawasan lingkungan
          Meningkatnya daya serap kurikulum
          Meningkatnya  nilai ujian akhir
          Meningkatnya  jumlah yang diterima di SLTP unggulan
          Meningkatnya  prestasi kejuaraan/lomba-lomba bagi siswa dan guru
          Terwujudnya lulus sertifikat guru tahun2007
          Terlaksananya komputerisasi data administrasi
          Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang diperlukan
          Meningkatnya  jenjang pendidikan guru
          Meningkatnya  peran serta masyarakat yang lebih efektif
Dukungan Sumber Dana
  Sumber dana diperoleh dari
          Pemerintah Provinsi berupa BOP, dan tunjangan kesejahteraan guru
          Pemerintah Pusat berupa BOS (Bantuan Operasional Sekolah)
          Dana Partisifasi Masyarakat melalui komite sekolah
Faktor Pendukung
          SDM
  Jumlah dan kualifikasi guru sebagian besar S1
  Loyalitas guru dan karyawan yang cukup tinggi, serta kualitas guru yang cukup memadai dan berwawasan
  Guru-guru yang berpengalaman, sebagian besar memiliki masa kerja lebih dari 20 tahun dan rata-rata sudah golongan IV-a
  Kondisi sosial ekonomi yang baik dan pendidikan orang tua rata-rata berijazah S1.
  Rekruitmen calon siswa berdasarkan Wajar Dikdas 9 Tahun
STANDAR PROSES
KOMPONEN
SUB KOMPONEN
SUB SUB KOMPONEN
Kurikulum
1.       Silabus
2.       RPP terdiri dari
a)      Tujuan Pembelajaran
b)      Materi
c)       Metode
d)      Sumber Belajar
e)      Indikator Keberhasilan
f)       Penilaian Hasil Belajar

Bahan Belajar
           Jam Maksimum Peserta Didik
           Bahan Mengajar Maksimal Pendidik
    Rasio Maksimal Buku Ajar Setiap   Peserta Didik


STANDAR PROSES (LANJUTAN)
 
KOMPONEN
SUB KOMPONEN
SUB-SUB KOMPONEN
Bahan Belajar
     Rasio Jumlah Peserta Didik setiap Pendidik
    Lahan Pembelajaran
     Mengembangkan Budaya Membaca dan Menulis
     Bersifat Interaktif, Inspiratif, menyenangkan, menantang, memberikan ruang prakarsa, kreatif dan kemandirian sesuai bakat dan minat
     Pendidik Memberi Keteladanan
     Lingkungan sekolah yang hijau menjadi  media utama pembelajaran


STANDAR PROSES (LANJUTAN)

KOMPONEN
SUB KOMPONEN
SUB-SUB KOMPONEN
Penilaian
          Tes Tertulis
          Tes Lisan
          Observasi
   Tes Praktik
   Penugasan

Pengawasan
           Pemantauan
      Supervisi
          Evaluasi
        Pelaporan
         Tindak Lajut


Faktor pendukung
          Komite Sekolah dan Orang Tua Murid
  Komite Sekolah dan orang tua murid selalu mendukung secara aktif baik moril maupun finansial
  Kerjasama yang harmonis antara Kepala Sekolah, Guru, Komite Sekolah selalu terjalin dengan baik.
          Sarana dan Prasarana
  Ruang belajar yang memadai
  Ruang guru dan ruang kepala sekolah
  Perpustakaan, lab. Komputer, Mushola, Lapangan bermain dan olah raga, kantin, ruang UKS, serta lingkungan sekolah yang asri

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KOMPONEN
SUB KOMPONEN
SUB-SUB KOMPONEN
Kecerdasan


Pengetahuan


Kepribadian


Akhlak Mulia


Ketrampilan Hidup Mandiri



STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

KOMPONEN
SUB KOMPONEN PENDIDIK
SUB-SUB KOMPONEN
Kualifikasi Akademik
Ijazah dan Sertifikat
yang relevan
       Ijazah 
             Sertifikat profesi atau sertifikat kelayakan dan kesetaraan
           Pengalaman dan keahliah spesifik yang diakui
Kompetensi
   Pedagogik
           Kepribadian
   Profesional
   Sosial


STANDAR TENAGA KEPENDIDIKAN
KOMPONEN
SUB KOMPONEN
SUB-SUB KOMPONEN
Pengelola
Kualifikasi
  1. Pendidikan Formal
  2. Sertifikat Kursus atau Pelatihan Manajemen yang relevan
Kompetensi
  1. Kepribadian
  2. Manajerial
  3. Supervisi
  4. Sosial
Melaksanakan :
Administrasi,
pengelolaan,
pengembangan,
pengawasan dan
pelayanan teknis
Teknisi
Kualifikasi
  1. Pendidikan Formal
  2. Sertifikat Kursus atau Pelatihan teknis yang relevan
Kompetensi
  1. Kepribadian
  2. Teknis
  3. Sosial


STANDAR SARANA DAN PRASARANA
KOMPONEN
SUB KOMPONEN
SUB-SUB KOMPONEN
Sarana
  •  Perabot
  •   Peralatan pendidikan
  •   Media pendidikan
  •  Buku dan sumber belajar lainnya
  •   Bahan habis pakai
  •   Perlengkapan lain yang diperlukan

Prasarana
Lahan
  Praktik
 Prasarana Penunjang
  Pertamanan
  Letak Lahan

Ruang Kelas
Rasio Luas
Terhadap Peserta
Didik

Ruang Pimpinan


Ruang Pendidik


Ruang Tata Usaha



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri komentar dengan santun dalam penyampaian sopan dalam bahasa motto kami dari anda, terimakasih atas komentar dan kunjungannya

PENDIDIKAN BERBASIS ICT

Post Populer

Label

BBM LANJUTAN (5) BAHAN BELAJAR MANDIRI (4) case study (4) BBM TIK | ICT (3) PERMENDIKNAS (3) BANNER (2) ICT (2) JARDIKNAS ONLINE (2) KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (2) PENGEMBANGAN DIRI (2) info beasiswa mahasiswa (2) instant global trafik (2) "Tetapkan Tujuan Hidup" (1) 10 Bisnis Penghasil Milyarder Tercepat (1) 2 (1) 7 Tips Memikat Lelaki (1) 7 Tips Memikat Wanita (1) 7 kesalahan fatal affiliate pemula (1) APRESIASI PUISI (1) ASI makanan terbaik bagi bayi (1) BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN NASIONAL (1) BANK SOAL UASBN SD (1) BBM-program belajar BERMUTU (1) BBM|KOMPUTER+LAPTOP (1) BUKU - PENDIDIKAN SDN KASTURI II (1) BUKU AJAR PEMAHAMAN INDIVIDU (1) Bahan Belajar Mandiri (BBM) (1) Bahan Belajar Mandiri (BBM) Lesson study (1) CONTOH PENGEMBANGAN DIRI (1) CONTOH PERHITUNGAN PAJAK (1) DOWNLOAD - PENDIDIKAN SDN KASTURI II (1) DOWNLOAD 31_jurus_menyempurnakan_PC.zip (1) Deskripsi Nilai (1) Download Software Gratis (1) FREE DOWNLOAD PTK BHS INDONESIA (1) Gambar Binatang Lucu (1) HAKIKAT STRATEGI PEMBELAJARAN (1) HUMAN ANATOMI (1) HopAd Builder clickbank (1) ICT LANJUTAN 2 (1) ICT LANJUTAN 3 (1) IDE PRODUK Yang Bisa DIJUAL TANPA Modal BESAR (1) IDENTIFIKASI MASYALAH (PTK) (1) ILMU PENDIDIKAN TEORITIS DAN PRAKTIS (1) Ilmu Komputer + Gaya Pendidikan (1) KEGIATAN EKSTRAKURIKULER (1) KODE ETIK GURU INDONESIA (1) Keterampilan Memfasilitasi (1) Konsep Jurnal belajar (1) LANDASAN TEORITIS Pengertian Metode (1) LATIHAN UAS/UASBN SD (1) LEARN MORE LEARN LESS (1) LPMP dan SPMP (1) MAKALAH (1) MERAJUT ASA MERAIH MIMPI (1) Mendulang uang lewat internet (1) OLAH RAGA 7 INDONESIA: GOLF (1) PANDUAN PENYUSUNAN SILABUS (1) PEDOMAN PEMBERIAN BANTUAN (1) PELAYANAN KONSELING (1) PENDIDIKAN INDONESIA (1) PENDIDIKAN LANJUTAN (1) PENDIDIKAN LANJUTAN 2 (1) PENGEMBANGAN PORTAL GURU PINTAR (1) PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU (1) PIGP (1) PRO KONTRA ANNE AHIRA (1) PROPOSAL PTK | FREE DOWNLOAD (1) PTK (1) PTK IPA (1) PTK MATEMATIKA (1) Pemahaman Pembelajaran Ber-Karakter (1) Program Induksi Guru Pemula (1) RPP SILABUS (1) RPP dan Silabus SD (1) SMU - PENDIDIKAN SDN KASTURI II (1) STANDAR KOMPETENSI GURU TIK SMK (1) STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (1) STRATEGI PEMBELAJARAN (1) Sikat Virus Recycle (1) Syllabus (1) TIK | ICT (1) Teknologi Informasi dan Komunikasi bag 2 (1) Waspadai Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja (1) anne ahira (1) bank soal (1) banner berjalan (1) banner best grades (1) bannerque (1) best grades (1) biz.bisnis (1) buku elektronik (1) buku elektronik smp (1) buku elektronik smu (1) contoh study kasus PTK (1) cotoh study kasus (1) detective dominator (1) ecoBALL (1) game matematika (1) gaming computer (1) golf (1) identifikasi asyalah (1) kajian kritis_bahasa indonesia (1) kegiatan TOT (1) kisi kisi ulangan harian (1) kompetensi Guru Pasca sertifikasi (1) ktsp silabus RPP all School (1) lesson study (1) meraih impian via motivasi (1) modul_kebahasaan (1) modul_kesusastraan (1) modul_media_ pembelajaran (1) modul_metologi pembelajaran (1) modul_pembelajaran berbicara (1) modul_pembelajaran membaca (1) modul_pembelajaran menulis (1) modul_pembelajarn mendengarkan (1) modul_penilaian (1) motivasi diri (1) panduan silabus+RPP (1) pendidikan sd (1) pippa middleton (1) portopolio induksi (1) potret pendidikan (1) program LPMP JAWA BARAT (1) silabus dan RPP (1) silabus/RPP SD/MI (1) soal olimpiade (1) succespul+home+garden (1)

Tukar daftar link