A. Pengantar
Bahan Belajar Mandiri (BBM) ini diperuntukan bagi guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, guru pemandu, kepala sekola pemandu, dan pengawas pemandu di KKG, MGMP, KKKS, MKKS, KKPS dan MKPS. Guru, kepala sekolah dan pengawas diharapkan dapat mengusai dan mengimplementasikan jurnal belajar baik bagi peserta didik maupun guru, kepala sekolah serta pengawas sekolah pada proses belajar mengajar serta pelatihan dalam implementasi program BERMUTU di KKG/MGMP/ KKKS/MKKS/KKPS/MKPS.
Jurnal belajar dapat dijadikan sebagai salah satu pencapaian sub kompetensi pedagogik dan profesionalisme bagi pendidik dan tenaga kependidikan dalam program belajar BERMUTU. Guru pemandu, kepala sekolah pemandu, dan pengawas pemandu berperan sebagai fasilitator untuk membimbing guru, kepala sekolah serta pengawas sekolah yang belajar di kelompok kerja masing-masing agar memiliki kemampuan dalam teknik pengembangan jurnal belajar. Bahan belajar mandiri ini sebagai bahan berlatih bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah, maka dalam BBM ini diberikan beberapa contoh untuk membuat jurnal belajar.
1. Kedudukan Topik Jurnal Belajar
Topik jurnal belajar ini merupakan salah satu indikator keberhasilan program BERMUTU di KKG/MGMP. Topik ini disarankan dibahas pada kegiatan inservice, karena peserta belajar di kelompok kerja sudah harus membuat jurnal belajar sejak pertemuan pertama dari enam belas kali pertemuan yang dirancang dalam proses belajar BERMUTU di kelompok kerja.
2. Pentingnya Topik Jurnal Belajar
Topik jurnal belajar ini penting dipelajari karena keterampilan dalam bidang ini akan membantu guru dan peserta didik atau peserta yang sedang belajar untuk
mengetahui dan menyadari teknik pengembangan diri. Dalam konteks pembelajaran di kelas, jurnal belajar dapat digunakan untuk peningkatan mutu peserta didik khususnya dalam mencapai SK-KD semua mata pelajaran serta peningkatan mutu guru dalam mengelola PBM.
Kebiasaan membuat jurnal belajar diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan dan kebiasaan untuk menulis dan membaca pada diri guru dan peserta didik.
3. Ruang Lingkup
Ruang lingkup BBM ini terdiri atas 3 pembahasan , yaitu tentang:
· penyusunan Jurnal Belajar;
· pengisian Jurnal Belajar;
· evaluasi dan Tindak Lanjut Jurnal Belajar.
4. Petunjuk Kegiatan
Kegiatan untuk membahas materi dalam ruang lingkup di atas dialokasikan waktu 200 menit. Kegiatan belajar yang disarankan dapat dilihat pada alur kegiatan belajar.
B. Kompetensi dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi dan indikator pencapaian kompetensi yang ingin dicapai dari kegitan belajar di KKG/MGMP/KKKS/KKPS/MKKS/MKPS adalah sebagai berikut.
Kompetensi | Indikator Pencapaian Kompetensi |
Melakukan penyusunan, pengisian, evaluasi, dan tindak lanjut dari pengisian jurnal belajar. | 1. menjelaskan pengertian jurnal belajar; 2. mendeskripsikan langkah-langkah penyusunan jurnal belajar; 3. menjelaskan cara pengisian jurnal belajar; 4. mengisi jurnal belajar; 5. mengevaluasi jurnal belajar' 6. membuat program tindak lanjut hasil pengisian jurnal belajar. |
C.PERSIAPAN
Untuk mempelajari topik jurnal belajar diperlukan persiapan dari guru dan peserta didik serta guru pemandu sebagai berikut.
1. Mempelajari BBM Jurnal Belajar
2. Mempelajari BBM yang akan dibahas dalam program belajar BERMUTU
3. Menyiapkan contoh jurnal belajar (tulisan pemandu sendiri atau contoh jurnal belajar orang lain)
4. Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam pertemuan, misalnya:
a. papan tulis/kertas plano, spidol/kapur
b. LCD dan laptop (bila memungkinkan)
c. Format jurnal belajar
a. contoh-contoh jurnal belajar.
D. SUMBER BELAJAR
Sumber belajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran di KKG/MGMP meliputi:
NO. | JUDUL | KETERANGAN |
1. | Pengertian, Keuntungan, dan Bentuk Jurnal Belajar | Lampiran 1 |
2. | Penulisan Jurnal Belajar | Lampiran 2 |
3. | Evaluasi dan Tindak Lanjut Jurnal Belajar | Lampiran 3 |
E. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan 1. Pendahuluan (5 menit)
Pada kegiatan pendahuluan guru/kepala sekolah/pengawas pemandu menginformasikan kompetensi, indikator pencapaian kompetensi, kegiatan belajar yang akan dilakukan, dan hasil belajar yang diharapkan dalam Pembahasan Topik Jurnal Belajar.
Pemandu menginformasikan pentingnya jurnal belajar bagi guru dan peserta didik. Selanjutnya, pemandu meminta peserta belajar untuk menambah isu-isu lain yang ada di sekolah berkaitan dengan penggunaan jurnal belajar.
Selanjutnya pemandu mengadakan kegiatan tanya-jawab tentang pengalaman peserta dalam menulis artikel atau laporan hasil penelitian tindakan kelas. Pertanyaan-pertanyaan yang dapat diajukan, misalnya:
· Apakah Ibu/Bapak ada yang membuat jurnal belajar?
· Apa yang Ibu/Bapak pahami tentang jurnal belajar?
· Digunakan untuk apa saja hasil jurnal belajar yang telah Ibu/Bapak tulis?
Untuk menyamakan pemahaman tentang jurnal belajar dalam program belajar BERMUTU, ajaklah peserta mengkaji bahan bacaan yang terdapat dalam lampiran 1 sampai 3.
Kegiatan 2. Mengkaji Bahan Bacaan (50 menit)
Guru/kepala sekolah/pengawas peserta duduk per kelompok. Satu kelompok terdiri dari 4-5 orang. Peserta belajar secara individual membaca bahan bacaan konsep Jurnal Belajar yang berisikan paparan tentang pengertian, kegunaan, dan bentuk-bentuk jurnal belajar. Bahan bacaan ini terdapat dalam lampiran 1.
Untuk membantu peserta memahami manfaat dan bentuk-bentuk jurnal belajar, pemandu menyajikan contoh jurnal belajar (kalau ada jurnal belajar yang ditulis peserta didik-peserta didik dari sekolah Indonesia, jika belum ada mengambil contoh dari luar). Selanjutnya, pemandu mengadakan tanya jawab, misalnya sebagai berikut:
· Apa manfaat jurnal belajar bagi peserta didik dan guru
· Apa kesulitan yang dihadapi guru dalam mengelola jurnal belajar tersebut?
Pemandu, selanjutnya membagi peserta dalam kelompok-kelompok kecil untuk mempelajari bentuk atau model jurnal belajar. Mintalah satu kelompok mempresentasikan dan kelompok lain memberikan tanggapan-tanggapannya.
Kegiatan 3. Diskusi dan Latihan Pengisian Jurnal belajar (50 menit)
Pemandu memandu diskusi kelas untuk menyamakan pemahaman peserta tentang cara mengisi jurnal/menulis jurnal belajar sesuai format yang ada dalam lampiran 2. Selanjutnya ajaklah peserta untuk berlatih menulis jurnal belajar berdasarkan pengalaman dari kegiatan belajar 1.
Kegiatan 4. Diskusi Evaluasi dan Tindak Lanjut (50 menit)
Setelah peserta belajar memahami pengertian, kegunaan, bentuk-bentuk jurnal belajar serta dapat mengisi jurnal belajar, ajaklah mereka untuk mengevaluasi dan menyusun tindak lanjut.
Pemandu meminta peserta mengumpulkan jurnal belajar hasil latihan yang telah dibuat pada kegiatan 3. Selanjutnya, pemandu memandu kegiatan diskusi untuk mengidentifikasi pengalaman berhasil dari jurnal belajar peserta.
Seorang peserta diminta merekap semua pengalaman berhasil dari jurnal belajar mereka, selanjutnya pemandu
mengajak peserta untuk menganalisis terhadap masing-masing pengalaman berhasil peserta dengan cara membuat penilaian yang objektif.
Sebagai tindak lanjut, peserta diminta memilih tiga pengalaman berhasil yang paling memungkinkan untuk diterapkan di sekolah pada kegiatan pembelajaran atau pelatihan yang akan datang.
Kegiatan 5. Penutup: Evaluasi diri, Rangkuman, dan pemberian tugas (25 Menit)
Pemandu meminta setiap peserta untuk mengevaluasi diri pencapaian pemahaman mereka tentang jurnal belajar. Evaluasi diri dapat mengacu pada pencapaian indikator 1 s.d 4 dengan memberikan nilai dari 10 sd 100. Selanjutnya mintalah peserta merangkum materi yang telah dipelajari dari kegiatan 1 sampai 4. Sebelum kegiatan berakhir, informasikan tugas terstruktur dan mandiri.
F. PENILAIAN
Penilaian terhadap hasil belajar peserta di kelompok kerja dilakukan berdasarkan penguasaan konsep jurnal belajar dan produk berupa jurnal belajar yang dibuat peserta setiap selesai mengikuti kegiatan belajar di KKG/MGMP/KKKS/KKPS/MKKS/MKPS.
G. Tugas Terstruktur dan Mandiri
1. Tugas Terstruktur
a. Buatlah jurnal belajar setiap selesai pertemuan di KKG/MGMP/KKKS/KKPS
b. Lakukan evaluasi terhadap pengalaman berhasil dan lakukan tindak lanjut.
c. Praktekanlah pengembangan jurnal belajar pada satu SK sedangkan satu SK lainnya tanpa menggunakan jurnal belajar.
d. Hitunglah pencapaian SK-KD-indikator untuk kedua SK yang diamati.
e. Tulislah kesimpulan anda berdasarkan pengalaman di atas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan beri komentar dengan santun dalam penyampaian sopan dalam bahasa motto kami dari anda, terimakasih atas komentar dan kunjungannya