Pengertian:
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah, (BSNP, 2006:4).
Tujuan pendidikan nasional yang dicapai oleh sekolah adalah Kurikulum 2004 atau
Standar Isi. Ini sesuai dengan Permen Diknas no.75 tahun 2009 tentang Ujian
Nasional, pasal 8 sebagai berikut:
Standar Kompetensi Lulusan Ujian Nasional (SKLUN) Tahun Pelajaran 2009/2010
merupakan irisan (interseksi) dari pokok bahasan/sub pokok bahasan Kurikulum 1994,
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2004, dan Standar Isi.
Pokok bahasan/sub pokok bahasan (Tujuan kelas dan butir-butir pembelajaran)
Kurikulum 1994 yang dapat diterapkan dalam kehidupan nyata dan bermanfaat bagi
kemajuan bangsa diambil menjadi Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kurikulum 2004. Kurikulum 2004 merupakan penyempurnaan dari Kurikulum 1994
Kompetensi-kompetensi Dasar Kurikulum 2004 yang memiliki tema yang sama
diintegrasikan menjadi Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada Standar Isi.
Standar Isi merupakan akumulasi dari Kurikulum 2004
Dalam Kurikulum 2004 terdapat SK, KD, dan Indikator, sedangkan dalam Standar Isi
hanya terdapat SK dan KD. Indikatornya dibuat olah guru.
Hasil Belajar
1.2 Menggolongkan makhluk hidup berdasarkan ciri- cirinya.
Indikator
• Mengidentifikasi persamaan hewan dan tumbuhan.
• Menggolongkan hewan dan tumbuhan berdasarkan persamaan ciri-cirinya.
Hasil Belajar
1.3 Mengidentifikasi kebutuhan makhluk hidup.
Indikator
•Mencari informasi kebutuhan manusia, hewan, dan tumbuhan untuk
mempertahankan hidupnya.
•Memperkirakan yang akan terjadi bila salah satu kebutuhan makhluk hidup tidak
terpenuhi.
Mempraktikkan cara memelihara tanaman atau hewan.Standar Isi (Permendiknas,No.22 Tahun 2006)
Standar Kompetensi
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
Kompetensi Dasar
–Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
–Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
–Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)
Perbandingan Kurikulum 2004 dengan Standar IsiKurikulum 2004
Standar Kompetensi
Siswa mampu memahami ciri-ciri dan kebutuhan
makhluk hidup, pertumbuhan makhluk hidup dan hal-
hal yang mempengaruhinya serta pengaruh kondisi
lingkungan terhadap kesehatan, (Depdiknas, 2003:35)
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan ciri-ciri dan kebutuhan makhluk
hidup.
Hasil Belajar
1.1 Membandingkan ciri-ciri makhluk hidup dan makhluk tak hidup.
Indikator
•Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
•Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan ciri- cirinya.
Materi Pokok
Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
Standar Isi
Standar Kompetensi
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan
makhluk hidup serta hal-hal yang
mempengaruhi perubahan pada makhluk
hidup
Kompetensi Dasar
1. Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
2. Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
3. Mendeskripsikan perubahan yang
terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)
Kondisi Masyarakat Indonesia
Kondisi masyarakat Indonesia sangat beragam baik keragaman karakteristik,
kondisi daerah, jenjang dan jenis pendidikan, perbedaan agama, suku, budaya,
adat istiadat, status sosial ekonomi, dan jender.
Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk
memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan
potensi yang ada di daerah mmelalui penyesuaian dengan kekhasan kondisi
dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik, (BSNP, 2006:4).
Kurikulum yang menyesuaikan program pendidikan dengan kekhasan kondisi
dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik disebut Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Kurikulum Nasional
A.Kurikulum 2004
●
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup.
B. Standar Isi
Kompetensi Dasar
1. Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
2. Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
3. Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)
Pengalaman Siswa
Siswa adalah makhluk hidup,
selain itu ada lagi yaitu:
Binatang dan tumbuhan yang ada
di sekitar atau yang dipelihara
KTSP
A.Kurikulum 2004
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup (yang ada disekitar; kalau
manusia dirinya sendiri sebagai bahan kajian. Kalau hewan atau tumbuhan yang ada di
sekitar)
Indikator
•Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup (dirinya, hewan, atau tumbuhan yang ada di sekitar atau peliharaan)
•Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan ciri- cirinya (dirinya, hewan, atau tumbuhan yang ada di sekitar atau peliharaan)
Materi Pokok
Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dirinya, hewan, atau tumbuhan yang
ada di sekitar atau peliharaan)
Metode Pembelajaran
Indikator
•Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup (dirinya, hewan, atau tumbuhan yang ada di sekitar atau peliharaan)
•Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan ciri- cirinya (dirinya, hewan, atau tumbuhan yang ada di sekitar atau peliharaan)
•
Maka, metode pembelajarannya adalah metode pengamatan/
observasi.
Alat Tes
•Tuliskan ciri-ciri makhluk hidup hasil pengmatan kalian terhadap diri sendiri, hewan, atau tumbuhan yang ada di sekitar atau peliharaan)
•
•Tuliskan perbedaan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan ciri- cirinya terhadap diri sendiri, hewan, atau tumbuhan yang ada di sekitar atau peliharaan.
KTSP
B. Standar Isi
Standar Kompetensi
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang
mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup. (dirinya, hewan,
atau tumbuhan yang ada di sekitar atau peliharaan)
Kompetensi Dasar
1.Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup (dirinya, hewan, atau tumbuhan yang ada di sekitar atau peliharaan) .
●
2.Menggolongkan makhluk hidup (dirinya, hewan, atau tumbuhan yang ada di sekitar atau peliharaan) secara sederhana.
●
3. Mendeskripsikan perubahan yang
terjadi pada makhluk hidup (dirinya, hewan, atau tumbuhan yang ada di sekitar atau peliharaan) dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)
Tugas:
Ubahlah kurikulum nasional ini menjadi KTSP dengan cara tetapkan
lebih dahulu kekhasan kondisi dan potensi daerah asal siswa atau
pengalaman siswa
Kurikulum 2004
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan persamaan dan perbedaan sifat-sifat benda.
Hasil Belajar
4.1 Mengidentifikasi sifat- sifat benda padat dan cair.
Indikator
•Membuat daftar sifat-sifat benda padat dan benda cair.
•Mengelompokkan benda-benda yang telah dikenalnya sebagai benda
padat atau cair.
Materi Pokok
Sifat-sifat benda padat dan cair.
KTSP
Kekhasan kondisi dan potensi daerah asal siswa atau
pengalaman siswa
……..
Kompetensi Dasar
…
Indikator
…
Materi Pokok
…
Metode
…..
Alat Tes
……..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan beri komentar dengan santun dalam penyampaian sopan dalam bahasa motto kami dari anda, terimakasih atas komentar dan kunjungannya