Sabtu, 11 Juni 2011

Menjalankan Microsoft Word |BBM TIK

BAHAN BELAJAR MANDIRI
Sebagai guru, Anda tentu akrab dengan kegiatan tulis-menulis. Hampir sepanjang waktu Anda selalu menulis. mulai dari menyiapkan rencana pembelajaran untuk siswa, menulis soal-soal ujian, menulis surat, bahkan menulis buku. Komputer dapat digunakan sebagai alat bantu menulis setelah di dalamnya dipasang perangkat lunak pengolah naskah (word processor). Perangkat lunak pengolah naskah tidak ubahnya mesin ketik, hanya saja jauh lebih ‘pintar’ karena dapat diperintah untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang tidak bisa dilakukan mesin ketik biasa. Microsoft Word adalah salah satu perangkat lunak pengolah naskah populer yang biasa digunakan untuk keperluan tulis-menulis.
Setelah menjalankan latihan ini, peserta diharapkan:
                                                            a.      Mampu menjalankan Microsoft Word
                                                            b.      Mengenal tampilan antarmuka Microsoft Word beserta bagian-bagiannya
                                                            c.      Mampu mengatur ukuran kertas, margin, dan orientasi halaman naskah
                                                            d.      Mampu mengetik naskah sederhana.
a.    Komputer dengan sistem operasi Windows XP (atau yang lebih baru) yang di dalamnya sudah terpasang perangkat lunak Microsoft Word 2002/2003
b.    Bahan Belajar Mandiri (BBM) Keterampilan TIK Kegiatan B1: Mengolah Naskah dengan Microsoft Word 2002/2003
c.    Buku Kerja Guru
Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah naskah (word processor) yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Microsoft Corporation  menjual Microsoft Word dalam satu kesatuan dengan perangkat lunak lainnya, yakni Microsoft Excel , Microsoft PowerPoint, Microsoft Accesss, dan Microsoft Outlook. Kumpulan perangkat lunak yang disatukan tersebut dikenal sebagai suite Microsoft Office. Microsoft Word yang dipakai dalam pelatihan ini adalah Microsoft Word yang diedarkan pada tahun 2002, yang populer disebut sebagai Microsoft Word 2002. Selanjutnya Microsoft Word 2002 akan disebut sebagai Microsoft Word saja.
Seperti juga perangkat lunak pengolah naskah mutakhir lainnya (misalnya Wordperfect, StarWriter, Abiword, dan sebagainya), Microsoft Word merupakan perangkat lunak yang telah mengimplementasikan teknologi WYSIWYG (what you see is what you get) yakni kemampuan menampilkan hasil pencetakan yang sama dengan tampilannya di layar monitor. Teknologi WYSIWYG memungkinkan pengguna menulis sekaligus mengatur tata letak dokumen sampai menjadi naskah yang siap naik ke mesin cetak. 










Peta kompetensi Kegiatan B1 ini adalah sebagai  berikut:
 
Gambar B1- 1 Peta Kompetensi Kegiatan B1
Sebelum menjalankan latihan, tugas terstruktur, maupun tugas mandiri, peserta pelatihan harus mampu:
a.    Menjalankan Microsoft Word
b.    Mengenal tampilan antarmuka Microsoft Word, dengan mengenali bagian-bagian pentingnya, misalnya: area kerja, nama dan fungsi ikon, serta nama dan fungsi menu.
c.    Mengatur tata letak naskah, terutama ukuran margin dan orientasi naskah.
d.    Menyimpan dan mencetak naskah.
A.          Menjalankan Microsoft Word
Menjalankan Microsoft Word dapat dilakukan dengan beberapa cara. Yang paling umum adalah:
1.    Klik ikon Microsoft Word yang ada di layar desktop (ini hanya bisa dilakukan kalau ada ikon Microsoft Word di layar desktop), atau
2.    Klik menu Start [ Microsoft Word. Perlu diingat bahwa posisi ikon Microsoft Word maupun menu Microsoft Word mungkin tidak sama dengan posisi ikon dan menu pada komputer Anda.
Gambar B1- 2 Menjalankan Microsoft Word
Tampilan area kerja Microsoft Word adalah sebagai berikut:
Gambar B1- 3   Area Kerja Microsoft Word
B.          Pengaturan Tata Letak Naskah
Pengaturan tata letak naskah meliputi pengaturan margin (sembir), orientasi (arah) pencetakan naskah, dan ukuran kertas yang digunakan. Margin adalah jarak antara tepi kertas dengan tepi naskah. Ada 4 (empat) margin yang harus ditentukan ukurannya (kalau Anda tidak menentukan sendiri, Microsoft Word memberikan ukuran-ukuran default, yakni ukuran-ukuran yang ditetapkan oleh Microsoft Word sendiri), yakni: margin atas, margin bawah, margin kiri, dan margin kanan.  Microsoft Word memungkinkan penulisan naskah pada arah lebar kertas (orientasi portrait), atau pada arah panjang kertas (orientasi landscape). Ukuran kertas juga dapat dipilih berdasarkan ukuran-ukuran standar (baku), misalnya: Letter, Legal, A4, dan sebagainya. Anda dapat juga menentukan sendiri ukuran kertas sesuai keinginan Anda dengan memilih ukuran Custom size dan mengetikkan ukuran lebar (width) dan panjang atau tinggi (height).
Pengaturan tata letak naskah tersebut dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
1.    Klik menu File [ Page Setup, maka akan tampil kotak dialog Page Setup
Gambar B1- 1  Kotak Dialog Page Setup Margins
2.    Untuk mengatur margin, klik-lah Tab Margin. Tab ini biasanya otomatis terbuka saat Anda pertama kali mengakses kotak dialog Page Setup. Perhatikan kelompok pengaturan margin (dalam gambar di atas diberi kotak. Terdapat empat margin yang dapat diatur, yakni:
a.    Margin atas (Top), atau margin atas, yaitu jarak antara tepi kertas sampai baris naskah paling atas. Dalam gambar tersebut, margin atas adalah 3 cm. Margin dapat diubah dengan cara meng-klik gambar panah atas () untuk menambah ukuran margin, atau panah bawah () untuk mengurangi ukuran margin. Anda dapat juga mengetikkan ukuran margin yang Anda inginkan pada kotak isian setelah terlebih dulu menempatkan dan meng-klik kursor di dalam kotak isian.
b.    Margin kiri (Left), yaitu jarak antara tepi kertas sampai ketikan pertama huruf paling kiri naskah. Dalam gambar di atas, margin kiri adalah 3 cm. Margin dapat diubah dengan cara meng-klik gambar panah atas () untuk menambah ukuran margin, atau panah bawah () untuk mengurangi ukuran margin. Anda dapat juga mengetikkan ukuran margin yang Anda inginkan pada kotak isian setelah terlebih dulu menempatkan dan meng-klik kursor di dalam kotak isian.
c.    Margin bawah (Bottom), yaitu jarak antara tepi kertas sampai baris terakhir naskah pada halaman yang bersangkutan. Dalam gambar di atas, margin bawah adalah 2,5 cm. Margin dapat diubah dengan cara meng-klik gambar panah atas () untuk menambah ukuran margin, atau panah bawah () untuk mengurangi ukuran margin. Anda dapat juga mengetikkan ukuran margin yang Anda inginkan pada kotak isian setelah terlebih dulu menempatkan dan meng-klik kursor di dalam kotak isian.
d.    Margin kanan (Right), yaitu jarak antara tepi kanan kertas sampai huruf paling kanan naskah. Dalam gambar di atas, margin kanan adalah 2,5 cm. Margin dapat diubah dengan cara meng-klik gambar panah atas () untuk menambah ukuran margin, atau panah bawah () untuk mengurangi ukuran margin. Anda dapat juga mengetikkan ukuran margin yang Anda inginkan pada kotak isian setelah terlebih dulu menempatkan dan meng-klik kursor di dalam kotak isian.
Untuk mengatur orientasi naskah (yaitu arah tulisan) mengikuti lebar kertas atau mengikuti panjang kertas, Anda dapat meng-klik pilihan Orientation. Klik   (Portrait) untuk orientasi naskah portrait (arah tulisan mengikuti lebar kertas), atau klik   untuk orientasi naskah landscape (arah tulisan mengikuti panjang kertas),
e.    Ukuran kertas yang akan digunakan untuk mencetak naskah dapat ditentukan dengan memilih Tab Paper. Bila Anda meng-klik Tab Paper, akan tampil kotak dialog Page Setup Tab Paper sebagai berikut.
Gambar B1- 5  Kotak Dialog Page Setup|Tab Paper
Beberapa kertas dengan ukuran baku telah disediakan, misalnya: Letter, Legal, A4, dan sebagainya. Anda tinggal memilih sesuai kebutuhan. Apabila naskah Anda memerlukan ukuran kertas khusus, Anda dapat memilih ukuran: Custom size, dan kemudian mengatur ukurannya.
C.          Menyimpan Naskah
Menyimpan naskah dapat dilakukan kapan saja, baik ditengah-tengah maupun di akhir penulisan naskah. Anda dianjurkan menyimpan naskah segera setelah memperoleh tulisan beberapa paragraf. Cara ini dimaksudkan agar Anda tidak kehilangan tulisan apabila tiba-tiba aliran listrik padam. Memang, program Microsoft Word akan menyimpan sementara secara otomatis tulisan Anda. Dalam keadaan default, penyimpanan sementara ini dilakukan secara periodik setiap 10 menit  (selang waktu penyimpanan ini bisa diatur oleh pengguna). Akan lebih baik apabila Anda melakukan sendiri proses penyimpanan segera setelah menyelesaikan paragraf penting.  
Langkah penyimpanan naskah adalah sebagai berikut.
1.    Klik menu File [ Save   atau Klik ikon   ,
2.    Maka akan tampil kotak dialog Save As seperti gambar berikut ini.
Gambar B1- 6  Kotak Dialog Save As
3.    Tempatkan file di folder yang Anda inginkan, dengan memilih lokasi Save in.
4.    Komputer akan menawarkan nama file, diambilkan dari beberapa kata pertama dalam naskah Anda. Bila Anda setuju dengan nama yang ditawarkan, klik tombol  .
5.    Anda dapat juga mengetikkan nama file yang Anda kehendaki pada kotak File name dan kemudian menekan tombol  .
Disarankan agar Anda melakukan penyimpanan segera setelah menyelesaikan satu atau beberapa paragraf penting agar hasil kerja Anda tidak hilang kalau tiba-tiba aliran listrik padam. Memang, Microsoft Word secara periodik akan menyimpan secara otomatis naskah yang Anda buat. Selang penyimpanan otomatis ini biasanya 10 menit, atau sesuai dengan pengaturan yang dibuat.
Penyimpanan dapat diulang beberapa kali. Setiap kali selesai mengetik satu atau paragraf, Anda dapat meng-klik ikon  atau meng-klik menu File [  Save. Pada proses penyimpanan kedua dan selanjutnya, peng-klik-an    ikon   atau  menu File [  Save tidak akan menampilkan kotak dialog Save as. Microsoft Word hanya menyimpan ulang kondisi terkini file saja.
Kotak dialog Save As akan tampil kembali hanya jika Anda meng-klik menu File[ Save As. Langkah ini perlu dilakukan bila Anda ingin menyalin naskah yang Anda tulis, dan memberinya nama baru.
D.          Mencetak Naskah
Mencetak naskah biasanya adalah proses teakhir dari seluruh aktivitas membuat naskah. Langkah pencetakan naskah adalah sebagai berikut:
1.    Klik menu File [ Print, maka akan tampil kotak dialog Print.
Gambar B1- 2 Kotak Dialog Print
2.    Anda dapat memilih printer yang akan digunakan untuk mencetak, disesuaikan dengan printer yang terpasang. Pada kotak dialog Print juga dapat dilakukan pengaturan jumlah  cetakan (number of copies) dan halaman-halaman yang akan dicetak. Bila diinginkan mencetak keseluruhan naskah, klik tombol radio button All. Bila hanya ingin mencetak halaman yang sedang tampil saja, klik radio button Current page. Bila ingin mencetak halaman-halaman tertentu saja, ketikkan nomor-nomor halaman yang dikehendaki dengan dipisah tAnda koma (,).
3.    Bila pilihan telah dilakukan, klik tombol  untuk memulai proses pencetakan.
E.           Membuat Naskah Sederhana
Setelah memahami penjelasan di atas, tibalah saatnya Anda berlatih menuliskan naskah sederhana dengan menggunakan Microsoft Word. Ikutilah, langkah-langkah berikut ini. Bila Anda tidak segera mengerti, lihatlah lagi penjelasan sebelumnya.
1.    Jalankan Microsoft Word
2.    Amati tampilan antarmuka Microsoft Word dan kenali ikon-ikon penting
3.    Atur tata letak naskah dengan ketentuan sebagai berikut. Lihat kembali cara mengatur tata letak naskah pada bagian ”b. Pengaturan Tata Letak Naskah”
a.    Margin atas (Top margin : 3 cm)
b.    Margin bawah (Botom margin : 2,5 cm)
c.    Margin kiri (Left margin : 3 cm)
d.    Margin kanan (Right margin : 2,5 cm)
e.    Orientasi halaman : Portrait
f.     Ukuran kertas (Paper size) : A4 
4.    Ketik naskah yang ada di dalam kotak berikut ini. Jangan tekan tombol Enter (8  ) sebelum menemui tanda 8  .




Setiap anak adalah unik. Mereka datang ke dalam kelas dengan memiliki bekal yang tidak sama. Mereka pun memiliki  cara belajar yang berbeda, memiliki kekuatan dan keterbatasan yang tidak sama pula. Setiap anak memiliki perkembangan yang kemampuannya dipengaruhi dimana ia tinggal, dengan siapa, bagaimana cara hidupnya dan apa saja yang telah diberikan oleh lingkungan mereka. Oleh sebab itu, setiap anak tidak dapat dibandingkan satu sama lain. 8
Pada saat seorang anak atau siswa datang ke sekolah, mereka datang tidak dengan nol. Mereka memiliki sesuatu yang harus diketahui oleh pengajarnya. Oleh sebab itu, setiap pengajar haruslah memiliki kemampuan untuk memberikan pengajaran dengan strategi yang berbeda, pengorganisasian siswa yang cocok dengan kegiatan yang diberikan. Setiap siswa memiliki bakat, ketertarikan dan kebutuhan yang lain dengan temannya. Seorang siswa dapat saja diharapkan berkembang dengan hasil yang sama namun pada akhirnya mereka akan memperlihatkan proses yang jauh berbeda dengan yang lain karena pada dasarnya mereka adalah individu yang berbeda. 8

















5.    Untuk sementara, simpanlah naskah yang Anda buat. Lihat dan baca kembali bagian “c. Menyimpan Naskah” di atas.
6.    Sampai saat ini, naskah yang Anda buat mungkin akan tampak seperti gambar berikut ini.
Gambar B1- 3  Hasil Sementara Naskah Sederhana
7.    Membuat paragraf dalam naskah menjadi rata kiri-kanan, dapat dilakukan dengan mem-blok paragraf yang diinginkan dan kemudian meng-klik ikon   .
Cara memblok adalah sebagai berikut.
·         Tempatkan insertion point atau tanda sisip (berbentuk I berkedip, yang diperoleh bila Anda meng-klik mouse) di sebelah kiri huruf paling kiri dari paragraf yang akan diatur.
·         Tekan tombol kiri mouse, kemudian geser mouse ke seluruh paragraf yang akan diatur. Lepaskan tombol kiri mouse setelah semua huruf dalam paragraf terblok hitam.







Hasil dari langkah ke-7 di atas adalah sebagai berikut.
Gambar B1- 4  Hasil Perataan Kiri-Kanan Naskah
Perhatikan tepi paragraf  yang semula tidak rata kanan, menjadi rata kiri kanan (tanda panah dalam gambar).
Lakukan hal yang sama untuk paragraf berikutnya.
Menambah jarak antar paragraf, dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut.
·         Tempatkan insertion point atau tanda sisip di sembarang posisi pada naskah.
·         Klik tombol kanan mouse sehingga tampil menu konteks, yakni kotak berisi menu yang tampil saat tombol kanan mouse ditekan. Tampilan menu konteks adalah seperti gambar berikut ini.
Gambar B1- 5  Menu Konteks
·         Pilih (klik kiri) menu Paragraph. Maka akan tampil kotak dialog Paragraph.
Gambar 1 Kotak Dialog Paragraph
·         Perhatikan isi Tab Indent and Spacing. Pada bagian Spacing terdapat kolom drop down list yang dapat di atur isinya dengan meng-klik panah naik (p) atau panah turun (q). Pilihlah kolom After dengan isian 6 pt. kemudian klik tombol . Maka hasil akhirnya adalah sebagai berikut.
Gambar B1- 6  Hasil akhir Kegiatan B1
Demikianlah secara singkat petunjuk mengetik dengan menggunakan Microsoft Word. Jangan lupa, simpanlah hasil kerja Anda di dalam hardisk atau flashdisk.
A.          Tugas terstruktur
a.    Buatlah naskah seperti yang ditunjukkan hasilnya pada Lampiran 1.
b.    Simpan hasilnya ke dalam flashdisk Anda (untuk disimpan sebagai bagian dari kemasan portofolio Anda).
B.          Tugas Mandiri
Ketiklah dengan Microsoft Word naskah Case Study yang Anda buat. Ketentuan pengetikannya adalah sebagai berikut.
·         Margin kiri dan margin atas adalah 3 sentimeter (cm).
·         Margin kanan dan margin bawah adalah 2,5 sentimeter (cm).
·         Orientasi halaman adalah portrait.
·         Jenis/ukuran kertas adalah A4.
·         Jarak antar paragraf adalah 12 pt, dan jarak antar baris dalam paragraf (spasi) adalah 1,5 baris.
a.   Dokumen digital yang diunduh (download) dari situs Universitas Kristen Duta Wacana (http://www2.ukdw.ac.id/kuliah/si/SI4012/materi/word.pdf), salinannya (hardcopy) disertakan sebagai lampiran. Halaman 1 sampai 10 sangat membantu Anda menyelesaikan Unit Kegiatan B1 ini. Dokumen diunduh pada tanggal 12 September 2008.
b.   Modul PJJ S1 PGSD “Komputer dan Media Pendidikan di Sekolah Dasar”, terutama Unit 4: Kegunaan dan Fungsi Program Aplikasi Komputer, Sub Unit 1: Pengolahan Kata dengan Microsoft Word.
c.   Dokumen digital “Mengenal MS Word” yang diunduh dari situs http://www.sanctaursula-jkt.sch.id/html/info/word. doc pada tanggal 12 September 2008. Salinannya disertakan sebagai lampiran.


Ketik naskah berikut ini dengan ketentuan sebagai berikut:
1.    Jarak antar baris dalam paragraf = 1,5 baris (1,5 spasi), jarak antar paragraf = 12 pt
2.    Jenis huruf (font) = MS Trebuchet
3.    Pengaturan paragraf = rata kiri, ukuran kertas A4, orientasi portrait
4.    Margin atas = 3 cm, margin kiri = 3 cm, margin kanan = 2,5 cm, dan margin bawah = 2,5 cm.
Lampiran 1







Model pembelajaran langsung secara empirik dilAndasi oleh teori belajar yang berasal dari rumpun perilaku (behavorial family), khususnya yang dikembangkan oleh psikolog bidang training and behavioral. Teori belajar perilaku menekankan pada perubahan perilaku sebagai hasil belajar yang dapat diobservasi. Menurut teori ini, belajar bergantung pada pengalaman, termasuk pemberian umpan balik dari lingkungan (Slavin, 2003:165).
Teori perilaku diawali dengan penelitian mengenai dampak pemberian rangsangan terhadap perilaku refleks, seperti yang diteliti oleh Ivan Pavlov. Prinsip penggunaan teori perilaku ini dalam belajar adalah pemberian penguatan akan meningkatkan perilaku yang diharapkan. Penguatan melalui umpan balik pada setiap tahapan tugas yang diberikan kepada siswa merupakan dasar praktis penggunaan teori ini dalam pembelajaran.
Para ahli psikologi perilaku memfokuskan pekerjaannya pada cara-cara melatih seseorang untuk menguasai sejumlah keterampilan kompleks yang melibatkan kerja yang akurat dan presisi dan melibatkan koordinasi dengan orang lain. Prinsip pembelajaran langsung difokuskan pada konseptualisasi kinerja siswa ke dalam tujuan yang akan dicapai melalui pelaksanaan tugas-tugas yang harus dilakukan, dan pengembangan aktivitas latihan untuk memantapkan penguasaan setiap komponen tugas yang diberikan. Istilah directive digunakan untuk menekankan bahwa dalam pembelajaran siswa dapat meniru perilaku atau keterampilan yang diperagakan atau diinstruksikan oleh guru. Strategi directive didasarkan pada teori belajar rumpun perilaku, khususnya yang diajukan oleh Bandura.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silahkan beri komentar dengan santun dalam penyampaian sopan dalam bahasa motto kami dari anda, terimakasih atas komentar dan kunjungannya

PENDIDIKAN BERBASIS ICT

Post Populer

Label

BBM LANJUTAN (5) BAHAN BELAJAR MANDIRI (4) case study (4) BBM TIK | ICT (3) PERMENDIKNAS (3) BANNER (2) ICT (2) JARDIKNAS ONLINE (2) KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (2) PENGEMBANGAN DIRI (2) info beasiswa mahasiswa (2) instant global trafik (2) "Tetapkan Tujuan Hidup" (1) 10 Bisnis Penghasil Milyarder Tercepat (1) 2 (1) 7 Tips Memikat Lelaki (1) 7 Tips Memikat Wanita (1) 7 kesalahan fatal affiliate pemula (1) APRESIASI PUISI (1) ASI makanan terbaik bagi bayi (1) BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN NASIONAL (1) BANK SOAL UASBN SD (1) BBM-program belajar BERMUTU (1) BBM|KOMPUTER+LAPTOP (1) BUKU - PENDIDIKAN SDN KASTURI II (1) BUKU AJAR PEMAHAMAN INDIVIDU (1) Bahan Belajar Mandiri (BBM) (1) Bahan Belajar Mandiri (BBM) Lesson study (1) CONTOH PENGEMBANGAN DIRI (1) CONTOH PERHITUNGAN PAJAK (1) DOWNLOAD - PENDIDIKAN SDN KASTURI II (1) DOWNLOAD 31_jurus_menyempurnakan_PC.zip (1) Deskripsi Nilai (1) Download Software Gratis (1) FREE DOWNLOAD PTK BHS INDONESIA (1) Gambar Binatang Lucu (1) HAKIKAT STRATEGI PEMBELAJARAN (1) HUMAN ANATOMI (1) HopAd Builder clickbank (1) ICT LANJUTAN 2 (1) ICT LANJUTAN 3 (1) IDE PRODUK Yang Bisa DIJUAL TANPA Modal BESAR (1) IDENTIFIKASI MASYALAH (PTK) (1) ILMU PENDIDIKAN TEORITIS DAN PRAKTIS (1) Ilmu Komputer + Gaya Pendidikan (1) KEGIATAN EKSTRAKURIKULER (1) KODE ETIK GURU INDONESIA (1) Keterampilan Memfasilitasi (1) Konsep Jurnal belajar (1) LANDASAN TEORITIS Pengertian Metode (1) LATIHAN UAS/UASBN SD (1) LEARN MORE LEARN LESS (1) LPMP dan SPMP (1) MAKALAH (1) MERAJUT ASA MERAIH MIMPI (1) Mendulang uang lewat internet (1) OLAH RAGA 7 INDONESIA: GOLF (1) PANDUAN PENYUSUNAN SILABUS (1) PEDOMAN PEMBERIAN BANTUAN (1) PELAYANAN KONSELING (1) PENDIDIKAN INDONESIA (1) PENDIDIKAN LANJUTAN (1) PENDIDIKAN LANJUTAN 2 (1) PENGEMBANGAN PORTAL GURU PINTAR (1) PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU (1) PIGP (1) PRO KONTRA ANNE AHIRA (1) PROPOSAL PTK | FREE DOWNLOAD (1) PTK (1) PTK IPA (1) PTK MATEMATIKA (1) Pemahaman Pembelajaran Ber-Karakter (1) Program Induksi Guru Pemula (1) RPP SILABUS (1) RPP dan Silabus SD (1) SMU - PENDIDIKAN SDN KASTURI II (1) STANDAR KOMPETENSI GURU TIK SMK (1) STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (1) STRATEGI PEMBELAJARAN (1) Sikat Virus Recycle (1) Syllabus (1) TIK | ICT (1) Teknologi Informasi dan Komunikasi bag 2 (1) Waspadai Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja (1) anne ahira (1) bank soal (1) banner berjalan (1) banner best grades (1) bannerque (1) best grades (1) biz.bisnis (1) buku elektronik (1) buku elektronik smp (1) buku elektronik smu (1) contoh study kasus PTK (1) cotoh study kasus (1) detective dominator (1) ecoBALL (1) game matematika (1) gaming computer (1) golf (1) identifikasi asyalah (1) kajian kritis_bahasa indonesia (1) kegiatan TOT (1) kisi kisi ulangan harian (1) kompetensi Guru Pasca sertifikasi (1) ktsp silabus RPP all School (1) lesson study (1) meraih impian via motivasi (1) modul_kebahasaan (1) modul_kesusastraan (1) modul_media_ pembelajaran (1) modul_metologi pembelajaran (1) modul_pembelajaran berbicara (1) modul_pembelajaran membaca (1) modul_pembelajaran menulis (1) modul_pembelajarn mendengarkan (1) modul_penilaian (1) motivasi diri (1) panduan silabus+RPP (1) pendidikan sd (1) pippa middleton (1) portopolio induksi (1) potret pendidikan (1) program LPMP JAWA BARAT (1) silabus dan RPP (1) silabus/RPP SD/MI (1) soal olimpiade (1) succespul+home+garden (1)

Tukar daftar link