IDENTIFIKASI MASYALAH
Unit Sekolah : SDN KASTURI 2
Kelas : VI (Enam)
Semester : 1 (Satu)
Daftar Masalah Pembelajaran Yang Muncul Di Kelas
Masalah Pembelajaran Yang Akan Dipilih Untuk Diperbaiki Atau Diangkat Sebagai PTK
Analisis Masalah (Kemungkinan Penyebab Dan Alternatif Solusinya)
1. Siswa sering ribut di kelas
2. Siswa malas mencatat
3. Siswa menggangu teman yang lainnya
4. Siswa kesulitan memahami materi ajar
5. Siswa kurang memperhatikan penjelasan guru
6. Siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar
7. Siswa kurang memiliki pengetahuan/konsep dasar satu materi
8. Siswa malas menghitung pengoprasian matematika
9. Bila tak ada guru siswa kurang memiliki inisiatif belajar mandiri
10. Siswa kurang bersemangat dalam belajar
11. 70 % siswa daya tangkap dan nalar kurang
12. Daya dukung media kurang lengkap
13. Lembar kerja siswa tidak ada
14. Kurang menampilkan visualitas yang kongkret
15. Kurang tepat waktu
16. Tidak membaca ulang skenario pembelajaran
17. Penyampaian materi yang monoton
18. Tidak mengunakan pendekatan dan strategi yang tepat atau tidak sama sekali
19. Hasil karya siswa tidak publikasikan
20. Hasil karya anak kurang mendapatkan penghargaan
21. Siswa tidak mengalami secara langsung
22. 75% siswa tidak mencapai KKM yang ditetapkan
23. Siswa kurang motivasi belajar
75% siswa tidak mencapai KKM yang ditetapkan
A. Penyebab masyalah
1. Siswa kurang proaktif dalam belajar
2. Siswa kuarang motivasi dalam belajar
3. Siswa kurang konsentrasi dalam proses belajar
4. Pengetahuan konsep darar siswa kurang memadai
5. Strategi, pendekatan,dan metode kurang tepat
6. Tidak ditunjang media alat peraga
7. Tidak menggunakan lembar kerja siswa
8. Materi di sampaikan tidak sistematis
9. PAIKEM tidak nampak
10. Skenario berjalan tidak tepat waktu
B. Alternatif dan solusi
1. Siswa diarahkan untuk proaktif dalam belajar dengan memberikan penghargaan
2. Siswa diberi pengertian dan motivasi untuk belajar dengan sebuah cerita
menarik
3. Siswa diarahkan dan dilatih untuk konsentrasi
4. Pengulangan materi terhadap siswa kurang dengan tutor sebaya
5. Strategi,pendekatan, dan metode di rubah mengarah pada PAIKEM
6. Ditampilkan media alat peraga
7. Digunakanya LKS
8. Penyampaian materi lebih disistematiskan
9. Dimunculkan pembelajaran yang bersifat PAIKEM
10. Skenario pembelajaran disesuaikan dengan alokasi waktu dengan efektif
HASIL ANALISIS MASALAH
Unit Sekolah : SDN KASTURI 2
Kelas : VI (Enam)
Semester : 1 (Satu)
Masalah Pembelajaran yang muncul di kelas Masalah pembelajaran yang akan di perbaiki Analisis Masalah Rumusan Masalah
1. Siswa sering ribut di kelas
2. Siswa malas mencatat
3. Siswa menggangu teman yang lainnya
4. Siswa kesulitan memahami materi ajar
5. Siswa kurang memperhatikan penjelasan guru
6. Siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar
7. Siswa kurang memiliki pengetahuan/konsep dasar satu materi
8. Siswa malas menghitung pengoprasian matematika
9. Bila tak ada guru siswa kurang memiliki inisiatif belajar mandiri
10. Siswa kurang bersemangat dalam belajar
11. 70 % siswa daya tangkap dan nalar kurang
12. Daya dukung media kurang lengkap
13. Lembar kerja siswa tidak ada
14. Kurang menampilkan visualitas yang kongkret
15. Kurang tepat waktu
16. Tidak membaca ulang skenario pembelajaran
17. Penyampaian materi yang monoton
18. Tidak mengunakan pendekatan dan strategi yang tepat atau tidak sama sekali
19. Hasil karya siswa tidak publikasikan
20. Hasil karya anak kurang mendapatkan penghargaan
21. Siswa tidak mengalami secara langsung
22. 75% siswa tidak mencapai KKM yang ditetapkan
23. Siswa kurang motivasi belajar
75% siswa tidak mencapai KKM yang ditetapkan
1. Siswa kurang proaktif dalam belajar
2. Siswa kurang motivasi dalam belajar
3. Siswa kurang konsentrasi dalam proses belajar
4. Pengetahuan konsep dasar siswa kurang memadai
5. Strategi, pendekatan,dan metode kurang tepat
6. Tidak ditunjang media alat peraga
7. tidak menggunakan lembar kerja siswa
8. Materi di sampaikan tidak sistematis
9. PAIKEM tidak nampak
10. Skenario berjalan tidak tepat waktu mengapa
75% siswa tidak mencapai KKM yang ditetapkan ?
Unit Sekolah : SDN KASTURI 2
Kelas : VI (Enam)
Semester : 1 (Satu)
Daftar Masalah Pembelajaran Yang Muncul Di Kelas
Masalah Pembelajaran Yang Akan Dipilih Untuk Diperbaiki Atau Diangkat Sebagai PTK
Analisis Masalah (Kemungkinan Penyebab Dan Alternatif Solusinya)
1. Siswa sering ribut di kelas
2. Siswa malas mencatat
3. Siswa menggangu teman yang lainnya
4. Siswa kesulitan memahami materi ajar
5. Siswa kurang memperhatikan penjelasan guru
6. Siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar
7. Siswa kurang memiliki pengetahuan/konsep dasar satu materi
8. Siswa malas menghitung pengoprasian matematika
9. Bila tak ada guru siswa kurang memiliki inisiatif belajar mandiri
10. Siswa kurang bersemangat dalam belajar
11. 70 % siswa daya tangkap dan nalar kurang
12. Daya dukung media kurang lengkap
13. Lembar kerja siswa tidak ada
14. Kurang menampilkan visualitas yang kongkret
15. Kurang tepat waktu
16. Tidak membaca ulang skenario pembelajaran
17. Penyampaian materi yang monoton
18. Tidak mengunakan pendekatan dan strategi yang tepat atau tidak sama sekali
19. Hasil karya siswa tidak publikasikan
20. Hasil karya anak kurang mendapatkan penghargaan
21. Siswa tidak mengalami secara langsung
22. 75% siswa tidak mencapai KKM yang ditetapkan
23. Siswa kurang motivasi belajar
75% siswa tidak mencapai KKM yang ditetapkan
A. Penyebab masyalah
1. Siswa kurang proaktif dalam belajar
2. Siswa kuarang motivasi dalam belajar
3. Siswa kurang konsentrasi dalam proses belajar
4. Pengetahuan konsep darar siswa kurang memadai
5. Strategi, pendekatan,dan metode kurang tepat
6. Tidak ditunjang media alat peraga
7. Tidak menggunakan lembar kerja siswa
8. Materi di sampaikan tidak sistematis
9. PAIKEM tidak nampak
10. Skenario berjalan tidak tepat waktu
B. Alternatif dan solusi
1. Siswa diarahkan untuk proaktif dalam belajar dengan memberikan penghargaan
2. Siswa diberi pengertian dan motivasi untuk belajar dengan sebuah cerita
menarik
3. Siswa diarahkan dan dilatih untuk konsentrasi
4. Pengulangan materi terhadap siswa kurang dengan tutor sebaya
5. Strategi,pendekatan, dan metode di rubah mengarah pada PAIKEM
6. Ditampilkan media alat peraga
7. Digunakanya LKS
8. Penyampaian materi lebih disistematiskan
9. Dimunculkan pembelajaran yang bersifat PAIKEM
10. Skenario pembelajaran disesuaikan dengan alokasi waktu dengan efektif
HASIL ANALISIS MASALAH
Unit Sekolah : SDN KASTURI 2
Kelas : VI (Enam)
Semester : 1 (Satu)
Masalah Pembelajaran yang muncul di kelas Masalah pembelajaran yang akan di perbaiki Analisis Masalah Rumusan Masalah
1. Siswa sering ribut di kelas
2. Siswa malas mencatat
3. Siswa menggangu teman yang lainnya
4. Siswa kesulitan memahami materi ajar
5. Siswa kurang memperhatikan penjelasan guru
6. Siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar
7. Siswa kurang memiliki pengetahuan/konsep dasar satu materi
8. Siswa malas menghitung pengoprasian matematika
9. Bila tak ada guru siswa kurang memiliki inisiatif belajar mandiri
10. Siswa kurang bersemangat dalam belajar
11. 70 % siswa daya tangkap dan nalar kurang
12. Daya dukung media kurang lengkap
13. Lembar kerja siswa tidak ada
14. Kurang menampilkan visualitas yang kongkret
15. Kurang tepat waktu
16. Tidak membaca ulang skenario pembelajaran
17. Penyampaian materi yang monoton
18. Tidak mengunakan pendekatan dan strategi yang tepat atau tidak sama sekali
19. Hasil karya siswa tidak publikasikan
20. Hasil karya anak kurang mendapatkan penghargaan
21. Siswa tidak mengalami secara langsung
22. 75% siswa tidak mencapai KKM yang ditetapkan
23. Siswa kurang motivasi belajar
75% siswa tidak mencapai KKM yang ditetapkan
1. Siswa kurang proaktif dalam belajar
2. Siswa kurang motivasi dalam belajar
3. Siswa kurang konsentrasi dalam proses belajar
4. Pengetahuan konsep dasar siswa kurang memadai
5. Strategi, pendekatan,dan metode kurang tepat
6. Tidak ditunjang media alat peraga
7. tidak menggunakan lembar kerja siswa
8. Materi di sampaikan tidak sistematis
9. PAIKEM tidak nampak
10. Skenario berjalan tidak tepat waktu mengapa
75% siswa tidak mencapai KKM yang ditetapkan ?
HASIL ANALISIS MASALAH
Unit Sekolah : SDN KASTURI 2 Kelas : VI (Enam)
Semester : 1 (Satu)
Masalah Pembelajaran yang muncul di kelas | Masalah pembelajaran yang akan di perbaiki | Analisis Masalah | Rumusan Masalah |
1. Siswa sering ribut di kelas 2. Siswa malas mencatat 3. Siswa menggangu teman yang lainnya 4. Siswa kesulitan memahami materi ajar 5. Siswa kurang memperhatikan penjelasan guru 6. Siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar 7. Siswa kurang memiliki pengetahuan/konsep dasar satu materi 8. Siswa malas menghitung pengoprasian matematika 9. Bila tak ada guru siswa kurang memiliki inisiatif belajar mandiri 10. Siswa kurang bersemangat dalam belajar 11. 70 % siswa daya tangkap dan nalar kurang 12. Daya dukung media kurang lengkap 13. Lembar kerja siswa tidak ada 14. Kurang menampilkan visualitas yang kongkret 15. Kurang tepat waktu 16. Tidak membaca ulang skenario pembelajaran 17. Penyampaian materi yang monoton 18. Tidak mengunakan pendekatan dan strategi yang tepat atau tidak sama sekali 19. Hasil karya siswa tidak publikasikan 20. Hasil karya anak kurang mendapatkan penghargaan 21. Siswa tidak mengalami secara langsung 22. 75% siswa tidak mencapai KKM yang ditetapkan 23. Siswa kurang motivasi belajar | 75% siswa tidak mencapai KKM yang ditetapkan | 1. Siswa kurang proaktif dalam belajar 2. Siswa kurang motivasi dalam belajar 3. Siswa kurang konsentrasi dalam proses belajar 4. Pengetahuan konsep dasar siswa kurang memadai 5. Strategi, pendekatan,dan metode kurang tepat 6. Tidak ditunjang media alat peraga 7. tidak menggunakan lembar kerja siswa 8. Materi di sampaikan tidak sistematis 9. PAIKEM tidak nampak 10. Skenario berjalan tidak tepat waktu | mengapa 75% siswa tidak mencapai KKM yang ditetapkan ? |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan beri komentar dengan santun dalam penyampaian sopan dalam bahasa motto kami dari anda, terimakasih atas komentar dan kunjungannya