Jumat, 10 Juni 2011

Keterampilan Memfasilitasi


Keterampilan Memfasilitasi

Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Memahami keterampilan memfasilitasi
Memahami prinsip-prinsip pembelajaran Orang Dewasa
Mengidentifikasi karakteristik Fasilitator yang baik
Menjelaskan ciri pembelajaran yang efektif
Menjelaskan prinsip pembelajaran Orang Dewasa
Menyebutkan karakeristik fasilitator yang baik
Membedakan fasilitator yang baik dengan yang kurang baik
Menjelaskan konsep pembelajaran yang efektif
Menjelaskan ciri proses pembelajaran

Tujuan Pembelajaran
Peserta Diklat dapat menjelaskan dan melaksanakan pelatihan sesuai dengan prinsip pembelajaran orang dewasa
Pendahuluan
Tujuan
Menggali pengetahuan awal
Kegiatan 1 (Kerja Kelp.)
Mengindentifikasi karakteristik  pembelajaran orang dewasa
Kegiatan 2 (kerja Kelp.)
Mendiskusi-kan kasus pemeblajar-an orang dewasa Presentasi
Review => Refleksi
LK 1
Tuliskan karakteristik belajar untuk orang dewasa
Uraikan prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa

KARAKTERISTIK ORANG DEWASA
1.      Orang dewasa cenderung berpikir logis
2.      Berpikir berdasakan fakta empiris
3.      Memiliki daya analisis dan daya evaluasi memadai
4.      Memiliki banyak pengalaman yang pariatif
5.      Memiliki kematangan emosinal (emitionalmaturity)
6.      Orang dewasa berpikir dengan banyak sudut pandang berbagai kemungkinan (divergen)

PEMBELAJARAN ORANG DEWASA
1.      Menumbuhkan Motivasi Untuk Mencari Pengetahuan Baru
2.      Sifatnya Khusus, Unik Dan Individual
3.      Sifatnya evolusi
4.      Belajar berdasarkan pengalaman (exprential learning)
5.      Hendaknya dibangun :
-kerja sama yang harmonis dan kompak
-saling menghormati
-saling menghargai
-saling mempercayai
-adanya keterbukaan

LK 2
Kasus 1
Dalam suatu pelatihan BERMUTU di KKG Republik Mimpi. Pertemuan ke-9. Peserta KKG banyak yang datang terlambat dari jadwal yang telah ditentukan. Sementara fasilitator sudah siap dengan perencanaan yang matang, seperti silabus, skenario, powerpoint, laptop dan LCD. Ketika pembelajaran berlangsung, fasilitator menyampaikan materi melalui ceramah dengan menggunakan powerpoint, diselingi ice breaker yang cukup banyak. Namun demikian, peserta terlihat tidak begitu antusias, beberapa diantaranya ngantuk, keluar masuk kelas dan asyik dengan aktifitasnya sendiri. Ketika pertemuan diakhiri dengan refleksi, sebagian peserta terlihat bingung dengan apa yang sudah dipelajari.

Kasus 2
Dalam suatu pelatihan BERMUTU di MGMP Republik Mimpi. Pertemuan ke-9. Fasilitator datang terlambat selama 10 menit dari jadwal yang sudah disepakati. Sementara peserta MGMP telah begitu siap menerima sesi. Fasilitator segera melakukan persiapan seperti menyiapkan laptop dan LCD dan mencari file tayangan pertemuan ke-9 di laptopnya. Persiapan tersebut memakan waktu sekitar 15 menit. Setelah itu, pembelajaran berlangsung cukup lancar karena peserta terlihat aktif, namun ada beberapa peserta yang merasa tidak puas dengan materi yang disajikan dan terlihat mendominasi pembicaraan. Peserta tersebut mengajukan pertanyaan dan pendapat yang  terkadang di luar konteks pembicaraan. Sampai waktu habis, masih ada materi yang belum tersampaikan sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai seluruhnya.

Pertanyaan Diskusi
a.       Identifikasilah akar permasalahan dari kasus di atas
b.      Apakah penyebab dari munculnya masalah tersebut?
c.       Bagaimanakah solusi yang dapat diambil untuk mengatasi permasalahan kasus tersebut?

PROSES KOMUNIKASI YANG GAGAL
 =>Fasilitator/ Narasumber  “A”
 =>Peserta “A”=> “A1”=>”A2”=>”B” ????
PROSES KOMUNIKASI YANG BERHASIL
=>Fasilitator/ Narasumber  “A”
 =>Peserta “A”=> “A”=>”A”=>”A”
KECAKAPAN
1.      Melibatkan semua pesera sepanjang waktu
2.      Menghargai semua peserta
3.      Membagi pengetahuan , pengalaman, dan sumber belajar yang diketahui
4.      Selalu bersedia membantu individu dan kelompok
5.      Menindaklanjuti segera apa yang dijanjikan
6.      Memberi tantangan pesera untuk berpikir, mereflesi, dan merenung
7.      Perlihatkan kepada peserta bahwa anda berani mengambil resiko
8.      Akui kontribusi peserta dan rayakan keberhasilan

Hal –hal yang perlu diperhatikan
1.      Merencanakan pertemuan
2.      Mengimformasikan
3.      Rencana penilaian pelaksanan kegiatan
4.      Mengacu pada kualitas
5.      Focus pada kelompok
6.      Siklus pembelajaran
7.      Refleksi kegiatan
8.      Penembangan professional
9.      training

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silahkan beri komentar dengan santun dalam penyampaian sopan dalam bahasa motto kami dari anda, terimakasih atas komentar dan kunjungannya

PENDIDIKAN BERBASIS ICT

Post Populer

Label

BBM LANJUTAN (5) BAHAN BELAJAR MANDIRI (4) case study (4) BBM TIK | ICT (3) PERMENDIKNAS (3) BANNER (2) ICT (2) JARDIKNAS ONLINE (2) KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (2) PENGEMBANGAN DIRI (2) info beasiswa mahasiswa (2) instant global trafik (2) "Tetapkan Tujuan Hidup" (1) 10 Bisnis Penghasil Milyarder Tercepat (1) 2 (1) 7 Tips Memikat Lelaki (1) 7 Tips Memikat Wanita (1) 7 kesalahan fatal affiliate pemula (1) APRESIASI PUISI (1) ASI makanan terbaik bagi bayi (1) BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN NASIONAL (1) BANK SOAL UASBN SD (1) BBM-program belajar BERMUTU (1) BBM|KOMPUTER+LAPTOP (1) BUKU - PENDIDIKAN SDN KASTURI II (1) BUKU AJAR PEMAHAMAN INDIVIDU (1) Bahan Belajar Mandiri (BBM) (1) Bahan Belajar Mandiri (BBM) Lesson study (1) CONTOH PENGEMBANGAN DIRI (1) CONTOH PERHITUNGAN PAJAK (1) DOWNLOAD - PENDIDIKAN SDN KASTURI II (1) DOWNLOAD 31_jurus_menyempurnakan_PC.zip (1) Deskripsi Nilai (1) Download Software Gratis (1) FREE DOWNLOAD PTK BHS INDONESIA (1) Gambar Binatang Lucu (1) HAKIKAT STRATEGI PEMBELAJARAN (1) HUMAN ANATOMI (1) HopAd Builder clickbank (1) ICT LANJUTAN 2 (1) ICT LANJUTAN 3 (1) IDE PRODUK Yang Bisa DIJUAL TANPA Modal BESAR (1) IDENTIFIKASI MASYALAH (PTK) (1) ILMU PENDIDIKAN TEORITIS DAN PRAKTIS (1) Ilmu Komputer + Gaya Pendidikan (1) KEGIATAN EKSTRAKURIKULER (1) KODE ETIK GURU INDONESIA (1) Keterampilan Memfasilitasi (1) Konsep Jurnal belajar (1) LANDASAN TEORITIS Pengertian Metode (1) LATIHAN UAS/UASBN SD (1) LEARN MORE LEARN LESS (1) LPMP dan SPMP (1) MAKALAH (1) MERAJUT ASA MERAIH MIMPI (1) Mendulang uang lewat internet (1) OLAH RAGA 7 INDONESIA: GOLF (1) PANDUAN PENYUSUNAN SILABUS (1) PEDOMAN PEMBERIAN BANTUAN (1) PELAYANAN KONSELING (1) PENDIDIKAN INDONESIA (1) PENDIDIKAN LANJUTAN (1) PENDIDIKAN LANJUTAN 2 (1) PENGEMBANGAN PORTAL GURU PINTAR (1) PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU (1) PIGP (1) PRO KONTRA ANNE AHIRA (1) PROPOSAL PTK | FREE DOWNLOAD (1) PTK (1) PTK IPA (1) PTK MATEMATIKA (1) Pemahaman Pembelajaran Ber-Karakter (1) Program Induksi Guru Pemula (1) RPP SILABUS (1) RPP dan Silabus SD (1) SMU - PENDIDIKAN SDN KASTURI II (1) STANDAR KOMPETENSI GURU TIK SMK (1) STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (1) STRATEGI PEMBELAJARAN (1) Sikat Virus Recycle (1) Syllabus (1) TIK | ICT (1) Teknologi Informasi dan Komunikasi bag 2 (1) Waspadai Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja (1) anne ahira (1) bank soal (1) banner berjalan (1) banner best grades (1) bannerque (1) best grades (1) biz.bisnis (1) buku elektronik (1) buku elektronik smp (1) buku elektronik smu (1) contoh study kasus PTK (1) cotoh study kasus (1) detective dominator (1) ecoBALL (1) game matematika (1) gaming computer (1) golf (1) identifikasi asyalah (1) kajian kritis_bahasa indonesia (1) kegiatan TOT (1) kisi kisi ulangan harian (1) kompetensi Guru Pasca sertifikasi (1) ktsp silabus RPP all School (1) lesson study (1) meraih impian via motivasi (1) modul_kebahasaan (1) modul_kesusastraan (1) modul_media_ pembelajaran (1) modul_metologi pembelajaran (1) modul_pembelajaran berbicara (1) modul_pembelajaran membaca (1) modul_pembelajaran menulis (1) modul_pembelajarn mendengarkan (1) modul_penilaian (1) motivasi diri (1) panduan silabus+RPP (1) pendidikan sd (1) pippa middleton (1) portopolio induksi (1) potret pendidikan (1) program LPMP JAWA BARAT (1) silabus dan RPP (1) silabus/RPP SD/MI (1) soal olimpiade (1) succespul+home+garden (1)

Tukar daftar link